10 Kuliner Ramadhan Terpopuler di Seluruh Penjuru Indonesia

Di Indonesia, keberagaman budaya dan tradisi memberikan warna tersendiri dalam sajian kuliner Ramadhan

Kuliner Ramadhan Terpopuler di Seluruh Penjuru Indonesia. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Ramadhan, bulan penuh berkah yang ditunggu-tunggu umat Islam di seluruh dunia, tak hanya menjadi waktu untuk beribadah, tetapi juga merupakan saat yang istimewa untuk menikmati beragam kuliner khas. Di Indonesia, keberagaman budaya dan tradisi memberikan warna tersendiri dalam sajian kuliner Ramadhan.

Berikut adalah 10 kuliner Ramadhan yang populer di berbagai penjuru Indonesia:

 

  1. Nasi Padang (Sumatera Barat)

Nasi padang dengan hidangan khas seperti rendang, gulai ayam, dan sambal hijau, menjadi favorit di bulan Ramadhan di Sumatera Barat dan tersebar ke seluruh Indonesia.

 

  1. Sate Madura (Jawa Timur)

Sate Madura adalah sajian yang wajib ada di meja berbuka puasa di banyak daerah di Indonesia. Potongan daging yang ditusuk dan dibakar dengan bumbu kacang khas Madura memberikan rasa yang khas.

 

  1. Soto Betawi (DKI Jakarta)

Soto Betawi adalah hidangan berkuah kental dengan tambahan santan, daging sapi, dan kentang. Biasanya disajikan dengan sambal dan emping sebagai pelengkap.

 

  1. Sate Padang (Sumatera Barat)

Sate Padang memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu kacang yang pekat dan daging yang empuk. Tak heran jika hidangan ini selalu menjadi incaran di bulan Ramadhan di berbagai daerah di Indonesia.

 

  1. Ketupat Sayur (Jawa Tengah)

Ketupat sayur adalah hidangan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ketupat dan sayuran seperti tahu, tempe, dan telur rebus, disiram dengan kuah kental berbumbu.

 

  1. Gudeg (Yogyakarta)

Gudeg adalah masakan khas Yogyakarta yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. Biasanya disajikan dengan ayam, telur, dan krecek.

 

  1. Lontong Sayur (Jawa Barat)

Lontong sayur adalah hidangan khas Jawa Barat yang terdiri dari lontong, sayuran seperti tauge dan kacang panjang, serta daging seperti tahu dan tempe, disiram dengan kuah santan.

 

  1. Rujak Cingur (Jawa Timur)

Rujak cingur adalah salah satu kuliner khas Surabaya yang terdiri dari irisan daging cingur (hidung sapi), sayuran, buah-buahan, dan bumbu petis. Rasanya segar dan pedas, cocok untuk menghilangkan dahaga saat berbuka puasa.

 

  1. Sop Buntut (DKI Jakarta)

Sop buntut adalah hidangan berkuah gurih yang terbuat dari buntut sapi yang dimasak dengan rempah-rempah dan sayuran. Biasanya disajikan dengan nasi putih atau nasi goreng.

 

  1. Es Dawet (Jawa Tengah)

Es dawet adalah minuman segar berupa dawet (butiran tepung beras yang kenyal) yang disajikan dengan santan dan gula merah cair. Minuman ini sangat cocok untuk menyegarkan tenggorokan setelah seharian menahan haus.

 

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia menyuguhkan kekayaan kuliner Ramadhan yang beragam dan lezat. Tak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi setelah seharian berpuasa, tetapi juga memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mencicipinya. Selamat menikmati sajian khas Ramadhan dari berbagai penjuru Indonesia!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *