Religi  

Doa Sesudah Makan dalam Islam, Mengakhiri dengan Syukur dan Permohonan Berkah

Doa sesudah makan dalam Islam adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diterima

Doa Sesudah Makan dalam Islam, Mengakhiri dengan Syukur dan Permohonan Berkah.foto:tivi7news.com/Illustrasi

Nganjuk,tivi7news.comDoa sesudah makan dalam Islam adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang telah diterima, serta permohonan berkah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan fisik. Doa ini mengajarkan umat Islam untuk mengakhiri setiap hidangan dengan kesadaran akan karunia Allah dan penghargaan terhadap segala nikmat yang diberikan-Nya. Berikut adalah doa yang umum diucapkan oleh umat Islam setelah selesai makan:

 

Alhamdulillahil ladzi at’amana wa saqana wa ja’alana minal muslimin

 

Artinya: “Segala puji bagi Allah yang memberi kami makan dan minum serta menjadikan kami sebagai orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya).”

 

Doa ini merupakan ungkapan syukur kepada Allah atas nikmat makanan dan minuman yang telah diterima, serta pengakuan bahwa semua yang kita miliki berasal dari-Nya. Dengan mengucapkan doa ini, umat Islam diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala karunia yang diberikan Allah, termasuk rezeki berupa makanan dan minuman.

 

Allahumma barik lana fi ma razaqtana waqina ‘adzaban naar

 

Artinya: “Ya Allah, berkahilah kami dalam rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan peliharalah kami dari siksa api neraka.”

 

Doa ini merupakan permohonan berkah kepada Allah agar makanan yang telah dikonsumsi menjadi berkah baginya dan memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan dan kekuatan tubuh. Selain itu, doa ini juga merupakan permohonan perlindungan dari siksa api neraka, yang mengajarkan pentingnya menjaga kesucian dan keberkahan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan makanan sehari-hari.

 

Subhanaka Allahumma wa bihamdika, ash-hadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atubu ilaik

 

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah selain Engkau. Aku memohon ampun kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

 

Doa ini adalah bentuk pengakuan akan kebesaran Allah dan kesadaran akan dosa-dosa yang telah dilakukan, serta permohonan ampunan dan taubat kepada-Nya setelah selesai makan. Dengan mengucapkan doa ini, umat Islam diingatkan untuk selalu memohon ampunan dan bertaubat kepada Allah atas segala kesalahan yang telah dilakukan, serta untuk selalu mengakui kebesaran-Nya dalam setiap aspek kehidupan.

 

Makna Spiritual

 

Doa sesudah makan dalam Islam bukan hanya sekadar ucapan terima kasih, tetapi juga merupakan bagian penting dari praktik spiritual sehari-hari. Dengan mengucapkan doa ini, umat Islam diingatkan untuk selalu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah, serta untuk selalu mengakhiri setiap aktivitas dengan pengakuan akan kebesaran-Nya dan permohonan berkah serta ampunan-Nya. Ini juga mengajarkan pentingnya menjaga kesucian dan keberkahan dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam pemenuhan kebutuhan makanan sehari-hari.

 

Dalam kesimpulan, doa sesudah makan dalam Islam adalah ungkapan rasa syukur kepada Allah atas nikmat yang telah diterima, serta permohonan berkah dan ampunan-Nya. Melalui doa ini, umat Islam diingatkan untuk selalu mengakhiri setiap hidangan dengan kesadaran akan karunia Allah dan penghargaan terhadap segala nikmat yang diberikan-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *