Religi  

Keutamaan Hari Senin dan Amalan yang Dapat Dikerjakan

Hari Senin memiliki keutamaan tersendiri dalam agama Islam

Keutamaan Hari Senin dan Amalan yang Dapat Dikerjakan.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Hari Senin memiliki keutamaan tersendiri dalam agama Islam. Rasulullah SAW juga memberikan perhatian khusus terhadap hari Senin dan menyarankan umatnya untuk melakukan berbagai amalan yang dapat mendatangkan keberkahan dan kebaikan. Berikut adalah beberapa keutamaan hari Senin beserta amalan yang dapat dikerjakan

 

Keutamaan Hari Senin:

 

  1. Hari Kelahiran Rasulullah SAW

 

Hari Senin memiliki keistimewaan karena merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan pada hari Senin, sehingga hari ini menjadi berkah dan memiliki keutamaan tersendiri.

 

  1. Pengampunan Dosa

 

Dalam hadis riwayat Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda bahwa Allah SWT mengampuni dosa setiap orang yang tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pada setiap hari Senin dan Kamis.

 

  1. Amalan Dilipatgandakan

 

Amalan kebaikan yang dilakukan pada hari Senin akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Oleh karena itu, hari Senin merupakan waktu yang baik untuk melakukan amalan-amalan yang dianjurkan dalam agama.

 

Amalan yang Dapat Dikerjakan:

 

  1. Sholat Sunnah Rawatib

 

Rasulullah SAW menyarankan umatnya untuk melaksanakan sholat sunnah rawatib, termasuk sholat Dhuha, shalat Duha atau Ishraq, dan sholat Tahajjud pada malam hari. Melakukan sholat sunnah ini di hari Senin akan mendatangkan keberkahan.

 

  1. Membaca Surah Al-Kahfi

 

Membaca Surah Al-Kahfi pada hari Senin juga sangat dianjurkan. Surah ini memiliki banyak keutamaan, di antaranya memberikan perlindungan dari fitnah Dajjal.

 

  1. Berpuasa

 

Puasa sunnah pada hari Senin juga dianjurkan, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW yang dilahirkan pada hari itu. Puasa Senin juga dapat menjadi penambah amal ibadah dan kesalehan.

 

  1. Bersedekah

 

Memberikan sedekah pada hari Senin merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Sedekah tidak hanya berupa harta, tetapi juga dapat berupa senyuman, nasehat, atau bantuan kepada sesama yang membutuhkan.

 

  1. Menjaga Silaturahmi

 

Mempererat hubungan silaturahmi dengan keluarga, tetangga, dan sahabat pada hari Senin juga merupakan amalan yang dianjurkan. Rasulullah SAW menyebutkan bahwa Allah SWT mengampuni dosa hamba-Nya yang menyambung tali silaturahmi.

 

Hari Senin adalah momentum yang baik untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Dengan melakukan amalan-amalan yang dianjurkan, umat Islam dapat meraih keberkahan dan keutamaan yang Allah janjikan. Semoga dengan menjalankan amalan-amalan tersebut, kita semua mendapatkan ridha dan keberkahan dari-Nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *