Religi  

7 Adab Berbuka Puasa Menurut Sunnah

Berbuka puasa adalah momen yang dinanti-nanti bagi umat Muslim di seluruh dunia setelah menjalani ibadah puasa sepanjang hari.

Adab Berbuka Puasa Menurut Sunnah.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, -Berbuka puasa adalah momen yang dinanti-nanti bagi umat Muslim di seluruh dunia setelah menjalani ibadah puasa sepanjang hari. Selain sebagai waktu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi setelah berpuasa, berbuka puasa juga merupakan kesempatan untuk mendapatkan pahala dengan mempraktikkan adab-adab yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut adalah 7 adab berbuka puasa yang dapat diamalkan sesuai dengan sunnah:

1. Berbuka dengan Tamar atau Air Zamzam

Nabi Muhammad SAW seringkali memulai berbuka puasa dengan memakan beberapa kurma atau meminum segelas air Zamzam. Tindakan ini tidak hanya menyediakan energi yang cepat untuk tubuh setelah berpuasa, tetapi juga merupakan tindakan yang dianjurkan secara sunnah.

2. Berbuka dengan Tepat Waktu

Sunnah Nabi Muhammad SAW adalah untuk segera berbuka puasa setelah adzan Maghrib berkumandang. Ini menunjukkan pentingnya menaati waktu berbuka secara tepat sesuai dengan tuntunan agama.

3. Berbuka dengan Bacaan Doa

Sebelum memulai makan atau minum, disunnahkan untuk membaca doa berbuka puasa: “Allahumma laka sumtu wa bika aamantu wa ‘ala rizqika aftartu” (Artinya: Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, dan dengan rezeki-Mu aku berbuka).

4. Memperbanyak Sholawat

Berbuka puasa adalah saat yang tepat untuk memperbanyak sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Mengingat beliau dan memohon keberkahan atas ajarannya merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan.

5. Menjaga Kadar dan Kuantitas Makanan

Meskipun berbuka puasa merupakan kesempatan untuk menyantap makanan dan minuman, sunnahnya adalah untuk tidak berlebihan. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk berbuka dengan makanan ringan terlebih dahulu, kemudian melakukan shalat Maghrib, baru melanjutkan makanan utama.

6. Berbuka dengan Berbagi

Memperluas keberkahan berbuka puasa dengan berbagi makanan dengan sesama merupakan perbuatan yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ini mencerminkan semangat kebersamaan dan kepedulian sosial dalam komunitas Muslim.

7. Berbuka dengan Penuh Syukur

Setiap kali berbuka puasa, hendaknya dilakukan dengan penuh rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang diberikan. Menghargai kesempatan untuk beribadah dan menjalankan puasa dengan baik merupakan bentuk penghormatan kepada-Nya.

Berbuka puasa bukan hanya sekadar aktivitas fisik, tetapi juga merupakan ibadah spiritual yang membawa berkah dan keberkahan bagi umat Muslim. Dengan memperhatikan adab-adab berbuka puasa sesuai dengan sunnah, kita dapat mendapatkan lebih banyak pahala dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *