Menu Buka Puasa yang Disunnahkan oleh Rasulullah

Buka puasa merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh umat Islam setiap harinya saat bulan Ramadhan tiba

Menu Buka Puasa yang Disunnahkan oleh Rasulullah.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Buka puasa merupakan momen yang dinanti-nantikan oleh umat Islam setiap harinya saat bulan Ramadhan tiba. Rasulullah SAW telah memberikan beberapa anjuran dan sunnah dalam menjalankan buka puasa.

Berikut adalah beberapa menu buka puasa yang disunnahkan oleh Rasulullah SAW:

 

  1. Tamar (Buah Kurma)

 

Rasulullah SAW sering kali memulai berbuka puasa dengan memakan beberapa butir tamar atau kurma segar. Buah kurma kaya akan gula alami yang dapat mengembalikan kadar gula darah dalam tubuh setelah seharian berpuasa.

 

  1. Air Putih

 

Air putih adalah minuman yang disunnahkan untuk diminum saat berbuka puasa. Rasulullah SAW sering kali memulai berbuka dengan minum air putih sebelum mengonsumsi makanan.

 

  1. Sup Bubur

 

Rasulullah SAW juga dikenal menyantap sup atau bubur yang ringan saat berbuka puasa. Sup atau bubur ini dapat memberikan nutrisi dan energi yang cukup setelah seharian tidak makan dan minum.

 

  1. Buah-buahan Segar

 

Selain tamar, buah-buahan segar seperti semangka, melon, jeruk, dan lainnya juga disarankan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Buah-buahan segar mengandung banyak air dan serat yang baik untuk pencernaan.

 

  1. Hidangan Beraneka Ragam

 

Rasulullah SAW juga mengajarkan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan saat berbuka puasa. Disarankan untuk menyantap hidangan yang beraneka ragam, termasuk sayuran, protein, dan karbohidrat dalam porsi yang seimbang.

 

  1. Minuman Penyegar

 

Selain air putih, minuman lain seperti jus buah, susu, atau air kelapa juga dapat menjadi pilihan saat berbuka puasa. Minuman-minuman ini dapat memberikan hidrasi dan energi tambahan setelah seharian berpuasa.

 

  1. Mengakhiri dengan Doa

 

Setelah menyantap hidangan berbuka puasa, Rasulullah SAW mengajarkan untuk mengakhiri dengan berdoa, memuji Allah SWT atas nikmat berbuka puasa, dan memohon ampun serta keberkahan.

 

Menjalankan sunnah-sunnah berbuka puasa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dapat memberikan manfaat spiritual dan juga kesehatan bagi umat Islam. Dengan mengikuti anjuran ini, diharapkan kita dapat merasakan berkah dan kelezatan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *