Awal Puasa Ramadhan 2024, Ini Menurut Pemerintah dan Muhammadiyah

Bulan yang penuh berkah ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu karena dalam bulan ini umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh

Awal Puasa Ramadhan 2024, Ini Menurut Pemerintah dan Muhammadiyah. Foto: tivi7news.com/ilustrasi

Nganjuk, tivi7news.com – Dekatnya kedatangan bulan Ramadhan telah membuat umat Islam di Indonesia tak sabar menunggu. Bulan yang penuh berkah ini menjadi waktu yang ditunggu-tunggu karena dalam bulan ini umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

 

Bagi umat Islam, Ramadhan bukan hanya sekadar satu bulan di dalam kalender, tetapi lebih dari itu. Bulan suci ini dianggap sebagai kesempatan emas untuk memperbanyak ibadah, meningkatkan ketaqwaan, dan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Semangat untuk menjalankan ibadah puasa sebagaimana yang dianjurkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183, “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

 

Di Indonesia, setiap tahunnya muncul beberapa versi jadwal awal puasa Ramadhan, terutama yang dikeluarkan oleh pemerintah dan Muhammadiyah. Masyarakat biasanya mengacu pada dua institusi tersebut untuk menentukan awal puasa Ramadhan.

 

Namun demikian, untuk tahun 2024, kapan awal puasa Ramadhan menurut pemerintah dan Muhammadiyah?

 

Penentuan Awal Puasa menurut Pemerintah

 

Penentuan awal puasa di Indonesia dipercayakan kepada pemerintah melalui sidang isbat yang mengamati hilal di berbagai titik di Indonesia. Sidang isbat ini biasanya dilaksanakan pada hari terakhir bulan Syaban. Hingga saat ini, belum ada keputusan resmi mengenai awal puasa Ramadhan 2024 menurut pemerintah.

 

Meskipun begitu, berdasarkan Kalender Islam Hijriah yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama, diprediksi bahwa awal puasa Ramadhan 2024 akan jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024. Meski belum diumumkan secara resmi melalui sidang isbat, prediksi ini memberikan gambaran awal kepada masyarakat mengenai kemungkinan awal puasa Ramadhan tahun tersebut.

 

Penentuan Awal Puasa Menurut Muhammadiyah

 

Menurut Muhammadiyah, awal puasa Ramadhan 2024 telah ditetapkan jauh sebelumnya berdasarkan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijjah 1445 Hijriah.

 

Berdasarkan maklumat tersebut, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan bahwa awal puasa Ramadhan tahun ini jatuh pada Senin, 11 Maret 2024.

 

Muhammadiyah menggunakan metode hisab dalam menentukan awal Ramadhan. Menurut Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada Ahad tanggal 10 Maret 2024, bulan sudah terlihat di atas ufuk (hilal sudah muncul) di sebagian wilayah Indonesia, kecuali di Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua Barat Daya.

 

Informasi lebih lanjut dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan bahwa pada hari Ahad Legi, 29 Syaban 1445 H yang bertepatan dengan tanggal 10 Maret 2024 M, ijtimak jelang Ramadan 1445 H terjadi pada pukul 16:07:42 WIB, seperti yang dijelaskan dalam maklumat yang dirilis pada tanggal 29 Desember 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *