News  

10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer

Meskipun freezer adalah alat yang sangat berguna untuk menyimpan makanan agar tetap segar lebih lama, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam freezer

10 Makanan yang Tidak Boleh Disimpan dalam Freezer. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Meskipun freezer adalah alat yang sangat berguna untuk menyimpan makanan agar tetap segar lebih lama, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam freezer. Ini karena penyimpanan dalam suhu beku bisa merusak tekstur, rasa, dan kualitas nutrisi dari beberapa makanan. Berikut adalah 10 makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam freezer:

 

1.Telur dalam Cangkang

 

 

Memiliki kandungan air yang tinggi dalam putih telur dan kuning telur, membuat telur dalam cangkang mudah pecah saat dibekukan. Selain itu, bisa juga terjadi peningkatan volume yang dapat membuat cangkang retak atau bahkan pecah.

 

2.Susu dalam Kemasan Asli

 

 

Sama seperti telur, susu memiliki kandungan air yang tinggi dan strukturnya bisa rusak ketika dibekukan. Ketika susu dibekukan, air dan lemaknya dapat terpisah, menyebabkan tekstur susu yang tidak merata saat dicairkan.

 

3.Sayuran Berdaun Hijau

 

 

Sayuran seperti selada, bayam, atau kale memiliki kandungan air yang tinggi dan struktur sel yang rapuh. Ketika dibekukan, sayuran ini bisa menjadi lembek dan kehilangan tekstur serta rasa segar mereka.

 

4.Kentang

 

 

Kentang mentah cenderung menjadi kelembekan dan kehilangan tekstur saat dibekukan. Selain itu, pati dalam kentang bisa mengalami perubahan tekstur yang tidak diinginkan, membuatnya menjadi lebih butiran dan terpisah.

 

5.Yogurt

 

 

Yogurt yang dibekukan cenderung kehilangan konsistensi dan teksturnya yang halus. Proses pembekuan juga dapat menyebabkan pemisahan antara air dan lemak, menghasilkan tekstur yang tidak merata saat dicairkan.

 

6.Saus Krim

 

 

Saus krim dapat mengalami pemisahan ketika dibekukan, di mana lemaknya akan terpisah dari komponen cair lainnya. Ini mengakibatkan tekstur yang tidak merata dan rasa yang berbeda saat dicairkan kembali.

 

7.Buah dengan Kandungan Air Tinggi

 

 

Buah seperti semangka, melon, atau anggur memiliki kandungan air yang tinggi sehingga ketika dibekukan, struktur sel mereka bisa rusak dan tekstur menjadi lembek.

 

8.Mentega

 

 

Mentega cenderung mengalami perubahan tekstur saat dibekukan, yang dapat membuatnya menjadi rapuh dan mudah hancur. Ini juga bisa mempengaruhi rasa dan kualitas mentega.

 

9.Mayones

 

 

Mayones cenderung mengalami pemisahan dan menjadi curam ketika dibekukan. Hal ini dapat menyebabkan tekstur yang tidak merata dan mengubah rasa mayones saat dicairkan kembali.

 

10.Makanan Berbahan Dasar Telur Mentah

 

 

Makanan yang terbuat dari telur mentah, seperti adonan kue yang belum dipanggang atau adonan cookie, sebaiknya tidak disimpan dalam freezer karena telur mentah dapat membentuk kristal es saat dibekukan, mengubah tekstur dan kualitasnya.

 

Jika Anda ingin menyimpan makanan dengan aman dalam freezer, pastikan untuk memilih makanan yang sesuai dan sesuai untuk dibekukan, serta menggunakan wadah yang sesuai untuk mencegah kerusakan. Selalu periksa petunjuk penyimpanan pada kemasan makanan atau lakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membekukan makanan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *