Tanda-tanda Mengalami Kelebihan Gula Darah, Penyakit Diabetes Mengintai

Kelebihan gula darah, atau hiperglikemia, adalah kondisi yang terjadi ketika kadar glukosa dalam darah seseorang melebihi batas normal. Tingkat gula darah yang tinggi dapat menandakan adanya masalah kesehatan serius, terutama diabetes.

NGANJUK, tivi7news.com – Kelebihan gula darah, atau hiperglikemia, adalah kondisi yang terjadi ketika kadar glukosa dalam darah seseorang melebihi batas normal. Tingkat gula darah yang tinggi dapat menandakan adanya masalah kesehatan serius, terutama diabetes. Berikut adalah beberapa tanda jika seseorang mengalami kelebihan gula darah:

  1. Rasa Haus yang Berlebihan

Kelebihan gula darah dapat menyebabkan dehidrasi, yang dapat membuat seseorang merasa sangat haus. Jika anda merasa terus-menerus ingin minum air meskipun sudah cukup minum, ini bisa menjadi tanda.

  1. Sering Kencing

Kenaikan kadar gula darah dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring glukosa tambahan. Akibatnya, seseorang mungkin sering merasa perlu buang air kecil, terutama pada malam hari.

  1. Penurunan Berat Badan yang Tidak Wajar

Meskipun kebanyakan orang dengan kelebihan gula darah cenderung mengalami peningkatan berat badan, beberapa juga bisa mengalami penurunan berat badan yang tidak wajar. Ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh tidak dapat menggunakan glukosa dengan efisien.

  1. Kelelahan dan Lemah

Tingkat gula darah yang tinggi dapat mengganggu produksi energi dalam tubuh, menyebabkan kelelahan yang berlebihan. Rasa lemah dan kelelahan yang tidak wajar bisa menjadi indikator kelebihan gula darah.

  1. Gatal-gatal dan Infeksi Kulit yang Sering

Kelebihan gula darah dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, membuat seseorang lebih rentan terhadap infeksi. Gatal-gatal dan infeksi kulit yang sering muncul dapat menjadi tanda masalah gula darah.

  1. Gangguan Penglihatan

Kadar gula darah yang tinggi dapat memengaruhi kesehatan mata. Seseorang mungkin mengalami perubahan penglihatan, seperti kabur atau sulit fokus.

  1. Luka Sulit Sembuh

Kadar gula darah yang tinggi dapat merusak pembuluh darah dan saraf, membuat proses penyembuhan luka menjadi lambat. Luka kecil bisa menjadi masalah serius jika sulit sembuh.

  1. Mati Rasa atau Kesemutan

Kelebihan gula darah dapat merusak saraf, menyebabkan sensasi mati rasa atau kesemutan terutama pada kaki dan tangan.

  1. Napas Berbau Buah

Jika kadar gula darah sangat tinggi, tubuh bisa menghasilkan zat kimia bernama keton. Ini dapat menyebabkan napas berbau buah, yang bisa menjadi tanda diabetes ketoasidosis, kondisi serius yang memerlukan perhatian medis segera.

  1. Perubahan Mood dan Konsentrasi

Fluktuasi gula darah dapat memengaruhi suasana hati dan tingkat energi. Seseorang mungkin merasa mudah marah, cemas, atau sulit berkonsentrasi.

Jika anda mengalami beberapa dari tanda-tanda ini, sangat penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dan perawatan yang diperlukan. Diabetes dapat diatasi dengan mengadopsi gaya hidup sehat, termasuk pola makan yang seimbang, olahraga teratur, dan pengelolaan stres.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *