Sport  

5 Tips Berolahraga di Gym Saat Puasa Ramadhan

alah satu pilihan olahraga yang sering dilakukan selama puasa adalah gym atau fitness karena umumnya dilakukan di dalam ruangan (indoor), sehingga tidak terpapar terlalu banyak sinar matahari yang panas

Tips Berolahraga di Gym Saat Puasa Ramadhan.Foto: tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com,-  Menjalani puasa selama bulan Ramadhan tidak berarti harus membatasi aktivitas sehari-hari, termasuk berolahraga. Bahkan, disarankan untuk tetap berolahraga untuk mendukung kesehatan tubuh. Salah satu pilihan olahraga yang sering dilakukan selama puasa adalah gym atau fitness karena umumnya dilakukan di dalam ruangan (indoor), sehingga tidak terpapar terlalu banyak sinar matahari yang panas.

 

Namun, meskipun begitu, tubuh tetap membutuhkan energi dan cairan yang cukup agar mampu menjalani aktivitas fisik ini. Jadi, apa saja tipsnya agar tubuh tetap fit saat melakukan gym selama puasa?

 

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan:

 

  1. Pilih Waktu yang Tepat

 

Pilihlah waktu yang tepat untuk berolahraga di gym selama bulan puasa. Pilihan terbaik adalah setelah anda berbuka puasa atau sebelum sahur. Setelah berbuka puasa, tubuh anda akan memiliki energi yang cukup untuk melakukan latihan intensitas sedang hingga tinggi. Sementara itu, berolahraga sebelum sahur dapat membantu anda menjaga energi sepanjang hari.

 

  1. Perencanaan Nutrisi yang Baik

 

Pastikan anda mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi selama waktu berbuka puasa dan sahur. Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin untuk membantu menjaga energi dan mempercepat pemulihan setelah berolahraga. Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh yang dapat membuat anda merasa lemas selama latihan.

 

  1. Olahraga Ringan dan Pemanasan yang Cukup

 

Selama bulan puasa, prioritaskan olahraga ringan atau pemanasan yang cukup sebelum memulai latihan yang lebih intens. Ini akan membantu mempersiapkan tubuh anda secara fisik dan mental untuk latihan yang lebih berat. Pemanasan yang cukup juga dapat membantu mencegah cedera otot dan sendi selama latihan.

 

  1. Pantau Intensitas Latihan

 

Perhatikan intensitas latihan anda selama bulan puasa. Hindari latihan yang terlalu intensitas atau berat yang dapat menyebabkan kelelahan atau dehidrasi yang berlebihan. Dengarkan tubuh anda dan sesuaikan intensitas latihan sesuai dengan tingkat kenyamanan dan energi yang anda miliki.

 

  1. Hindari Dehidrasi

 

Pastikan anda tetap terhidrasi dengan baik selama latihan di gym. Minumlah air dalam jumlah yang cukup saat berbuka puasa dan setelah latihan untuk mengganti cairan yang hilang selama berpuasa dan berkeringat selama latihan. Hindari minuman berkafein dan berenergi yang dapat menyebabkan dehidrasi lebih lanjut.

 

Dengan mengikuti tips-tips di atas, anda dapat tetap menjalankan rutinitas olahraga di gym dengan aman dan efektif selama bulan puasa Ramadhan. Tetap perhatikan batas kemampuan tubuh anda dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau instruktur gym jika anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai program latihan anda. Semoga bulan puasa ini membawa berkah bagi anda dalam menjaga kesehatan dan kebugaran fisik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *