Sport  

Profil Alireza Faghani, Wasit Kontroversial yang Memimpin Laga Vietnam vs Indonesia

Alireza Faghani telah ditunjuk sebagai wasit dalam leg kedua pertandingan antara Vietnam dan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

Profil Alireza Faghani, Wasit Kontroversial Laga Vietnam vs Indonesia.Foto:tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, -Alireza Faghani telah ditunjuk sebagai wasit dalam leg kedua pertandingan antara Vietnam dan Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Bagaimana profil lengkap pengadil lapangan asal Iran tersebut?

 

Indonesia dan Vietnam akan bertanding lagi pada matchday ke-4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona AFC. Pertandingan ini dijadwalkan berlangsung pada Selasa, 26 Maret 2024, pukul 19.00 WIB di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam.

 

Dalam pertemuan sebelumnya, Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor tipis 1-0. Konsistensi Garuda dalam meraih kemenangan akan diuji kembali saat mereka menjadi tamu di kandang Vietnam, dengan Alireza Faghani sebagai wasit, yang beberapa kali membuat keputusan kontroversial.

 

Alireza Faghani telah menggeluti karier sebagai wasit sejak tahun 1994, baru kemudian menjadi wasit FIFA pada tahun 2008 setelah menunjukkan kemampuannya dalam memimpin pertandingan. Ia telah terlibat dalam berbagai ajang sepak bola bergengsi, termasuk Piala Asia dan Piala Dunia.

 

Prestasinya termasuk memimpin beberapa pertandingan penting, seperti final Piala Asia 2015 antara Korea Selatan dan Australia. Selain itu, ia juga telah menjadi wasit dalam Piala Dunia, dengan peran utama dalam Piala Dunia 2018 di Rusia.

 

Meskipun memiliki prestasi yang gemilang, Alireza Faghani juga tidak luput dari kontroversi. Salah satunya terjadi saat memimpin pertandingan antara Irak dan Yordania dalam Piala Asia 2023, di mana keputusannya untuk mengeluarkan kartu kuning kedua kepada pemain Irak memicu polemik.

 

Meskipun begitu, Alireza Faghani telah menjadi wasit dalam pertandingan Timnas Vietnam, dengan semua pertandingan tersebut dimenangkan oleh Timnas Vietnam. Ini termasuk final leg kedua Piala AFF 2018 melawan Malaysia, serta pertandingan melawan Yordania dalam babak 16 besar Piala Asia 2019.

 

Satu-satunya pertandingan yang dipimpin oleh Alireza Faghani yang melibatkan Timnas Indonesia adalah dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, di mana Indonesia kalah dari Malaysia dengan skor 0-2.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *