News  

Antusiasme Tinggi Calon Peserta PPK Pilkada Jombang 2024: Menjelang Penutupan

Menjelang penutupan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Jombang tahun 2024, antusiasme calon peserta di kantor KPU Jombang sangat tinggi

Calon Peserta PPK Pilkada Jombang 2024.Foto:tivi7news.com/Gono

Jombang, tivi7news.com– Menjelang penutupan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Jombang tahun 2024, antusiasme calon peserta di kantor KPU Jombang sangat tinggi, mencapai 504 orang pada Senin (29/04/2024).

 

Di sekretariat kantor KPU Jombang, terlihat puluhan calon pendaftar PPK antre untuk penelitian berkas oleh petugas sekretariat. Mereka juga melakukan pencocokan data yang diunggah dengan berkas yang dibawa untuk diserahkan kepada petugas.

 

Lin Prasetyowati, salah satu pendaftar, menyatakan bahwa ia telah memiliki pengalaman menjadi penyelenggara pemilu sebanyak tiga kali. Untuk tahun ini, ia mendaftar menjadi anggota PPK.

 

“Proses pendaftarannya tidak sulit, sama seperti tahun sebelumnya. Pendaftaran dilakukan melalui akun SIAKBA. Selanjutnya, calon pendaftar diminta untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu sebelum memulai proses pendaftaran sebagai anggota badan ad hoc untuk Pilkada 2024,” ujarnya.

 

Setelah berhasil terdaftar, para peserta dapat mengikuti proses pendaftaran selama periode seleksi berlangsung. “Kemudian, mereka harus datang ke kantor sekretariat pendaftaran KPU Jombang untuk membawa berkas yang di-upload di akun SIAKBA,” tambahnya.

 

Ketua KPU Jombang, Abdul Wadud Burhan Abadi, mengungkapkan bahwa hingga pukul 13.00 WIB, terdapat sekitar 504 pendaftar. Pendaftaran akan tetap dibuka hingga pukul 23.59 WIB.

 

“KPU Jombang memberikan jadwal perpanjangan selama tiga hari jika target pendaftaran tidak tercapai. Namun, melihat antusiasme masyarakat yang mencapai sekitar 504 pendaftar, saya rasa sudah cukup,” jelasnya.

 

Burhan menambahkan bahwa setelah pendaftaran, langkah selanjutnya adalah pemeriksaan berkas administrasi. Para peserta yang lolos administrasi akan mengikuti ujian tertulis berbasis komputer.

 

“Pelaksanaan ujian direncanakan pada 6-8 Mei. Kami sudah berkoordinasi dengan cabang dinas pendidikan tingkat SMA Kabupaten Jombang untuk memfasilitasi pelaksanaan ujian tertulis berbasis komputer (CAT),” tutupnya.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *