News  

Antusiasme Calon Jamaah Haji Jombang, Mulai Menerima Vaksin Meningitis dan Polio

ara calon jamaah haji di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, telah mulai menerima vaksin meningitis dan polio, dua jenis vaksin yang wajib bagi mereka yang akan pergi ke tanah suci tahun ini

Calon Jamaah Haji Jombang: Mulai Menerima Vaksin Meningitis dan Polio.Foto:tivi7news.com/Gono

Jombang, tivi7news.com– Para calon jamaah haji di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, telah mulai menerima vaksin meningitis dan polio, dua jenis vaksin yang wajib bagi mereka yang akan pergi ke tanah suci tahun ini. Salah satu tempat pemberian vaksin adalah Puskesmas Kecamatan Perak, di mana 68 calon jamaah haji telah menerima vaksin tersebut secara bersamaan pada Senin (29/04/2024).

 

Puguh Prianto, seorang calon jamaah haji dari Kalangsemanding, Kecamatan Perak, mengungkapkan bahwa ia mengikuti kegiatan vaksinasi di Puskesmas Perak sebagai persyaratan untuk ibadah haji tahun 2024. “Rencananya, saya akan berangkat sekitar tanggal 27 Mei 2024 dan telah menunggu selama 12 tahun untuk bisa berangkat haji tahun ini,” ujarnya.

 

Untuk mempersiapkan diri, ia juga telah mengikuti latihan manasik haji selama tujuh hari di Masjid Moeldoko bersama jamaah dari Kecamatan Perak, Gudo, dan Bandar Kedungmulyo. “Vaksin ini memang wajib bagi calon jamaah haji,” tambahnya.

 

Sementara itu, Kepala Puskesmas Perak, dr. Oisatin, menjelaskan bahwa tujuan pemberian vaksin meningitis adalah untuk mencegah radang selaput otak, sementara vaksin polio bertujuan untuk mencegah penyakit polio. Total ada 68 calon jamaah dari kecamatan setempat yang menerima vaksin pada hari itu. “Jika ada yang tidak dapat hadir, mereka dapat melakukan vaksinasi meningitis dan polio besok,” katanya.

 

Oisatin juga menyatakan bahwa saat berangkat nanti, jamaah diizinkan membawa obat-obatan yang biasa mereka konsumsi sehari-hari, tetapi harus didaftarkan terlebih dahulu di puskesmas dan diunggah ke platform daring untuk pelaporan. “Namun, vaksin meningitis dan polio ini adalah wajib bagi calon jamaah haji yang akan berangkat tahun 2024,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *