Bulan Ramadhan Menjadi Berkah Bagi Perajin Mahkota Kubah Masjid di Desa Janti, Jombang

Desa Janti, yang terletak di Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi saksi akan peningkatan aktivitas perajin mahkota kubah masjid menjelang Bulan Ramadan

Imam Muttaqin salah satu perajin kubah masjid di jombang.Foto; tivi7news.com/rendi

Jombang, tivi7news.com– Desa Janti, yang terletak di Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi saksi akan peningkatan aktivitas perajin mahkota kubah masjid menjelang Bulan Ramadhan. Menyongsong bulan suci ini, permintaan terhadap kubah meningkat secara signifikan.

 

Imam Muttaqin, salah satu perajin kubah, menyatakan bahwa ada peningkatan hingga 50 persen dalam pesanan yang diterimanya. “Biasanya, dalam seminggu, kami menerima sekitar empat pesanan pada hari-hari biasa, tetapi pada Bulan Ramadhan ini, jumlahnya meningkat menjadi antara enam hingga tujuh kubah,” ungkapnya.

 

Proses pembuatan satu unit mahkota kubah dapat diselesaikan dalam waktu dua hingga tiga hari, bergantung pada kompleksitas bentuk, motif, dan ukurannya. Harga mahkota kubah bervariasi tergantung pada ukuran, dimulai dari Rp 300 ribu untuk yang terkecil hingga mencapai Rp 3,5 juta atau bahkan Rp 6 juta untuk yang lebih besar.

 

“Ketika pesanan ramai, kami bisa menyelesaikan puluhan unit mahkota kubah masjid dalam sebulan. Namun, jika permintaan menurun, kami biasanya mengerjakan sekitar 4-5 unit kubah,” tambah Imam.

 

Imam menjelaskan bahwa pesanan kubah masjid kebanyakan berasal dari luar kabupaten, seperti Sidoarjo, Surabaya, Malang, Banyuwangi, dan Lamongan. “Untuk menjaga kualitas kubah, biasanya kami mengerjakannya sendiri agar hasilnya maksimal,” jelasnya. “Kubah masjid ini dibuat dari bahan plat stainless atau galvalum, yang dapat bertahan hingga puluhan tahun,” tambahnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *