Tindakan Krimininal dan Bentuk Bentuk Kriminal di Masyarakat

Kriminalitas merujuk pada perilaku atau tindakan yang bertentangan dengan hukum dan norma-norma sosial, sehingga menimbulkan penentangan dari masyarakat.

Tindakan Kriminal dan bentuk kriminal di masyrakat.foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Kriminalitas merujuk pada perilaku atau tindakan yang bertentangan dengan hukum dan norma-norma sosial, sehingga menimbulkan penentangan dari masyarakat.

 

Apa Itu Tindakan Kriminal?

Tindakan kriminal merujuk kepada perilaku yang melanggar hukum atau norma-norma yang ditetapkan oleh suatu masyarakat. Ini bisa mencakup berbagai jenis kegiatan yang dianggap merugikan, berbahaya, atau merusak bagi individu atau masyarakat secara keseluruhan. Tindakan kriminal sering kali dilakukan dengan maksud untuk mencuri, menyakiti, atau merugikan orang lain, meskipun tidak semua tindakan kriminal dilakukan dengan niat jahat. Beberapa tindakan kriminal dapat dilakukan karena kesalahan atau ketidaktahuan atas hukum yang berlaku.

 

Bentuk-Bentuk Kriminal di Masyarakat :

 

  1. Pencurian

 

 

Merupakan salah satu bentuk tindakan kriminal yang paling umum, yang melibatkan pengambilan properti orang lain tanpa izin atau persetujuan mereka. Ini dapat mencakup pencurian kecil, seperti mencuri barang dari toko, hingga pencurian besar seperti perampokan bersenjata.

 

2.Kekerasan

 

 

Ini mencakup segala bentuk perilaku yang menyebabkan cedera fisik atau psikologis kepada orang lain. Termasuk di antaranya adalah penyerangan, penganiayaan, pemerkosaan, dan pembunuhan.

 

3.Penipuan

 

 

Bentuk kriminal ini melibatkan manipulasi atau penipuan untuk mendapatkan keuntungan secara tidak sah. Ini bisa berupa penipuan keuangan, penipuan asuransi, atau penipuan internet.

 

  1. Narkoba

 

 

Kriminalitas terkait narkoba mencakup pembuatan, distribusi, dan penggunaan narkoba ilegal. Ini sering kali menjadi perhatian besar bagi pemerintah karena dampaknya yang merusak bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan.

 

5.Pelanggaran Lalu Lintas

 

 

Ini mencakup pelanggaran hukum yang terkait dengan aturan lalu lintas, seperti mengemudi dalam keadaan mabuk, kelebihan kecepatan, atau tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas. Pelanggaran lalu lintas dapat menyebabkan kecelakaan dan cedera serius.

 

6.Kejahatan Komputer

 

 

Ini melibatkan penggunaan komputer atau internet untuk melakukan tindakan kriminal, seperti pencurian data pribadi, pencurian identitas, atau serangan cyber.

 

  1. Korupsi

 

 

Merupakan tindakan yang melibatkan penyalahgunaan kekuasaan atau posisi otoritas untuk keuntungan pribadi atau keuntungan yang tidak sah. Ini bisa terjadi di tingkat pemerintah, bisnis, atau organisasi lainnya.

 

8.Pelanggaran Hak Asasi Manusia

 

 

Ini mencakup tindakan-tindakan yang melanggar hak-hak asasi manusia, seperti diskriminasi rasial, pelecehan seksual, atau penindasan politik.

 

Bentuk-bentuk kriminal ini hanya beberapa contoh dari beragam jenis perilaku yang dianggap ilegal dalam masyarakat. Penting untuk diingat bahwa tindakan kriminal memiliki konsekuensi serius dan dapat menyebabkan kerugian yang signifikan bagi individu dan masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, pencegahan tindakan kriminal dan penegakan hukum yang efektif sangat penting untuk menjaga keamanan dan kesejahteraan sosial.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *