6 Tindakan yang Harus Dihindari Saat Smartphone Tercebur ke Air

Mungkin tidak ada yang lebih mengkhawatirkan daripada melihat smartphone anda tercebur ke dalam air

6 Tindakan yang Harus Dihindari Saat Smartphone Tercebur ke Air.foto:tivi7news.com/Tangkapan layar

NGANJUK, tivi7news.com, -Mungkin tidak ada yang lebih mengkhawatirkan daripada melihat smartphone anda tercebur ke dalam air. Reaksi cepat dan langkah-langkah yang tepat sangat penting untuk meminimalkan kerusakan. Dalam artikel ini, kita akan membahas enam kesalahan fatal yang sering dilakukan orang saat smartphone mereka kecebur ke air, serta tindakan yang seharusnya diambil untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.

 

  1. Menyalakan Kembali Ponsel Secara Langsung

 

Salah satu kesalahan fatal yang sering dilakukan adalah menyalakan kembali ponsel secara langsung setelah tercebur ke air. Ini dapat menyebabkan arus listrik melalui komponen yang masih basah, yang dapat merusak sirkuit internal dan mengakibatkan kerusakan permanen. Sebaiknya, matikan ponsel segera dan jangan mencoba menyalakannya kembali.

 

  1. Mengeringkan Ponsel dengan Suhu yang Tinggi

 

Menggunakan sumber panas seperti pengering rambut atau oven untuk mengeringkan ponsel juga merupakan kesalahan fatal. Panas yang berlebihan dapat merusak komponen internal ponsel dan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Sebaiknya, gunakan metode pengeringan yang lembut, seperti menggantung ponsel di dekat ventilasi udara atau menggunakan beras atau silica gel untuk menyerap kelembaban.

 

  1. Menggoyang atau Menggerakkan Ponsel Terlalu Sering

 

Menggerakkan atau menggoyangkan ponsel terlalu sering setelah terkena air juga dapat menyebabkan masalah. Hal ini dapat menyebabkan air bergerak lebih dalam ke dalam ponsel dan mengakibatkan kerusakan yang lebih parah. Sebaiknya, biarkan ponsel dalam posisi diam dan biarkan proses pengeringan alami berlangsung.

 

  1. Mengisi Daya Ponsel

 

Mengisi daya ponsel segera setelah tercebur ke air adalah kesalahan fatal lainnya yang harus dihindari. Arus listrik dapat menyebabkan korosi pada komponen internal yang masih basah dan memperparah kerusakan. Sebaiknya, biarkan ponsel kering sepenuhnya sebelum mencoba mengisi daya atau menyalakannya kembali.

 

  1. Tidak Mencoba Mengeringkan Ponsel dengan Benar

 

Tidak mencoba mengeringkan ponsel dengan benar adalah kesalahan fatal yang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah. Air yang tersisa di dalam ponsel dapat menyebabkan korosi dan kerusakan pada komponen elektronik. Sebaiknya, segera setelah ponsel terkena air, coba keluarkan baterai (jika memungkinkan), kartu SIM, dan kartu memori, lalu keringkan dengan metode yang sesuai.

 

  1. Tidak Membawa Ponsel ke Pusat Layanan Teknis

 

Kesalahan terbesar yang dapat dilakukan adalah tidak membawa ponsel ke pusat layanan teknis setelah tercebur ke air. Ahli teknis dapat melakukan pemeriksaan yang mendalam dan memberikan tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan. Mereka juga dapat memberikan saran dan rekomendasi untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi.

 

Kesimpulan

 

Ketika smartphone anda tercebur ke dalam air, tindakan cepat dan tepat sangat penting untuk meminimalkan kerusakan yang terjadi. Hindari kesalahan fatal seperti menyalakan kembali ponsel, menggunakan sumber panas untuk mengeringkan, atau tidak membawa ponsel ke pusat layanan teknis. Dengan mengambil langkah-langkah yang tepat, anda dapat meningkatkan peluang untuk menyelamatkan ponsel anda dan mengurangi kerusakan yang terjadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *