Wisata  

Misteri di Balik Keindahan, Eksplorasi Goa- Goa Mistis di Kediri

Kediri, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan di Jawa Timur, Indonesia, menyimpan banyak keajaiban alam dan kepercayaan mistis

Eksplorasi Goa- Goa Mistis di Kediri. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Kediri, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan di Jawa Timur, Indonesia, menyimpan banyak keajaiban alam dan kepercayaan mistis. Di antara tempat-tempat menakjubkan yang bisa dieksplorasi adalah tiga goa yang tidak hanya mempesona dengan keindahan alamnya, tetapi juga penuh dengan aura mistis yang menarik perhatian wisatawan dan peneliti yang ingin menggali lebih dalam.

 

Tiga Goa – Goa Mistis di Kediri  :

 

  1. Goa Selomangleng

 

Goa Selomangleng terletak di Desa Selomangleng, Kecamatan Pare, Kediri. Goa ini memiliki keindahan alam yang memesona dengan stalaktit dan stalakmit yang menggantung di langit-langit dan dinding goa. Namun, keindahan alamnya juga ditemani oleh cerita mistis yang melekat kuat di dalamnya.

 

Menurut legenda setempat, Goa Selomangleng adalah tempat bertapa para sesepuh yang memiliki ilmu gaib tinggi. Konon, di dalam goa ini terdapat pintu masuk menuju dunia gaib dan banyak orang yang percaya bahwa ada energi mistis yang kuat di dalamnya. Orang-orang sering melakukan meditasi dan ritual spiritual di dalam goa ini untuk mencari petunjuk atau koneksi dengan dunia lain.

 

  1. Goa Jatijajar

 

Goa Jatijajar terletak di Dusun Jatijajar, Desa Selosari, Kecamatan Plosoklaten, Kediri. Goa ini memiliki formasi batu yang menakjubkan dan keindahan alam yang memukau. Namun, di balik keindahannya, Goa Jatijajar juga dipercaya memiliki aura mistis yang kuat.

 

Masyarakat setempat percaya bahwa di dalam goa ini terdapat kekuatan gaib yang dapat memberikan keberuntungan atau menghukum mereka yang tidak menghormati alam atau melakukan hal-hal yang tidak baik. Sebagai tempat yang sarat dengan energi mistis, banyak yang datang ke Goa Jatijajar untuk bermeditasi, berdoa, atau sekadar merasakan kehadiran kekuatan spiritual yang ada di sana.

 

  1. Goa Jegles

 

Kota Kediri dikenal dengan sebutan “Kota Tahu” dan menawarkan beragam tempat wisata alam yang menakjubkan. Namun, di antara pesonanya, terdapat satu tempat yang menyimpan aura mistis yang menakutkan.

 

Goa Jegles, yang terletak di Desa Keling, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, adalah destinasi wisata yang menarik dengan keunikan alamnya. Di sini, pengunjung akan disuguhkan dengan jembatan yang berkelok-kelok di tengah dinding bebatuan, menambah pesona tersendiri bagi tempat ini.

 

Dalam pandangan masyarakat setempat, Goa Jegles dianggap sebagai peninggalan peradaban kerajaan Kalingga yang kuno, sementara para ahli sejarah menggambarkannya sebagai lorong air bawah tanah yang dibangun pada masa lalu.

 

Goa ini memiliki sejarah yang kaya. Pada masa lampau, banyak tentara PKI menggunakan goa ini sebagai tempat persembunyian, bahkan menjadi saksi bisu dari peristiwa pembantaian terhadap para anggota PKI.

 

Meskipun tempat-tempat seperti goa memiliki keindahan alam yang menakjubkan, kepercayaan dan cerita mistis yang melekat di dalamnya memberikan warna dan daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang ingin merasakan aura spiritual atau sekadar mengeksplorasi sisi lain dari kehidupan. Goa-goa di Kediri tidak hanya mengajak untuk menikmati keindahan alamnya, tetapi juga untuk memahami dan menghargai warisan budaya dan kepercayaan spiritual yang telah mengakar dalam masyarakat setempat selama berabad-abad.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *