Perayaan Galungan Umat Hindu Kota Angin Gelar Ritual Puja di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis

Ratusan Umat Hindu di Kota Angin Nganjuk mengadakan ritual puja bakti di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis

Perayaan Galungan Umat Hindu Kota Angin Gelar Ritual Puja di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis.foto:tivi7news.com/Rendi

Nganjuk tivi7news.com – Ratusan Umat Hindu di Kota Angin Nganjuk mengadakan ritual puja bakti di Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis yang di laksanakan di desa Bajulan, kecamatan Loceret, kabupaten Nganjuk, untuk merayakan Hari Raya Galungan. Rabu (28/2/2024).

 

Mereka dengan penuh khidmat melakukan sembahyang untuk memperingati terciptanya alam semesta dan kemenangan dharma (kebenaran) melawan adharma (kejahatan) dalam agama Hindu.

 

“Hari raya Galungan biasanya dirayakan oleh umat Hindu Bali setiap 210 hari sekali, mengikuti kalender Bali, pada hari Budha Kliwon Dungulan sebagai peringatan kemenangan Dharma melawan Adharma,” kata Pemangku Pura Kerta Bhuwana Giri Wilis, Jro Mangku Dampri.

 

Setelah perayaan Galungan, umat Hindu akan mengadakan upacara kuningan pada hari kesepuluh. Mereka meyakini bahwa Galungan adalah waktu di mana para leluhur turun ke dunia.

 

Dampri menegaskan bahwa kesadaran akan dharma sebagai dasar pola hidup sangat penting bagi umat Hindu, dan kuningan merupakan momen kembalinya leluhur ke kahyangan.

 

Dampri juga menekankan pentingnya kesadaran akan menjadi manusia seutuhnya bagi umat Hindu, baik secara individu maupun sosial, untuk menjaga keserasian dan keselarasan dalam kehidupan.

 

“Semua ini harus tercermin dalam perilaku yang baik,” pesan Dampri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *