News  

7 Destinasi Wisata Sejarah Menarik di Kediri yang Menyimpan Cerita

Kota Kediri di Jawa Timur tidak hanya dikenal sebagai pusat produksi gula, tetapi juga kaya akan situs sejarah yang mempesona

Destinasi Wisata Sejarah Menarik di Kediri. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Kota Kediri di Jawa Timur tidak hanya dikenal sebagai pusat produksi gula, tetapi juga kaya akan situs sejarah yang mempesona. Berikut adalah tujuh tempat wisata sejarah di Kediri yang menyimpan cerita dan wajib dikunjungi:

 

  1. Candi Tegowangi

 

Candi Tegowangi merupakan salah satu peninggalan sejarah di Kediri yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Candi ini dibangun pada masa Kerajaan Majapahit dan memiliki relief yang menceritakan kisah-kisah dari kitab Mahabharata. Keunikan arsitektur dan nilai historisnya menjadikan Candi Tegowangi sebagai destinasi wisata yang menarik bagi pecinta sejarah.

 

  1. Situs Simpang Lima Gumul

 

Simpang Lima Gumul tidak hanya merupakan landmark Kota Kediri, tetapi juga memiliki nilai historis yang tinggi. Bangunan ini terinspirasi dari Arc de Triomphe di Paris, Prancis, dan dibangun untuk memperingati semangat kebersamaan masyarakat Kediri. Simpang Lima Gumul juga dikelilingi oleh taman yang luas, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai sambil mempelajari sejarah.

 

  1. Airlangga Museum

 

Museum Airlangga menyimpan koleksi yang berkaitan dengan sejarah Kediri, khususnya masa pemerintahan Raja Airlangga yang merupakan salah satu raja terbesar di Jawa Timur. Di museum ini, pengunjung dapat melihat berbagai artefak kuno, manuskrip, dan peninggalan sejarah lain yang terkait dengan masa kejayaan Kediri.

 

  1. Candi Surowono

 

Candi Surowono adalah sebuah situs sejarah yang terletak di Desa Canggu, Kediri. Candi ini didedikasikan untuk Pangeran Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit. Meskipun ukurannya tidak sebesar candi-candi di Jawa Tengah, Candi Surowono memiliki detail arsitektur yang menarik dan merupakan salah satu situs penting dalam sejarah Majapahit.

 

  1. Monumen Simpang Lima

 

Monumen Simpang Lima merupakan salah satu ikon kota yang menyimpan nilai historis penting bagi masyarakat Kediri. Monumen ini didirikan untuk mengenang peristiwa penting di masa lalu dan sebagai simbol perjuangan masyarakat Kediri dalam menghadapi berbagai tantangan.

 

  1. Makam Sri Aji Joyoboyo

 

Makam ini merupakan situs penting yang berkaitan dengan Raja Kediri, Sri Aji Joyoboyo, yang terkenal dengan ramalannya. Terletak di Desa Menang, pengunjung dapat merasakan suasana yang tenang dan penuh kedamaian saat berkunjung ke makam ini. Makam Sri Aji Joyoboyo tidak hanya penting secara historis, tetapi juga memiliki nilai spiritual bagi banyak orang.

 

  1. Goa Selomangleng

 

Goa Selomangleng adalah goa alam yang terletak di lereng Gunung Klotok. Dikatakan bahwa goa ini digunakan oleh Putri Dewi Kilisuci untuk bertapa. Di dalam goa, terdapat relief yang menceritakan kisah dari zaman dahulu, menjadikannya situs yang kaya akan nilai sejarah dan mitologi.

 

Kunjungan ke tempat-tempat sejarah di Kediri tidak hanya memberikan pengalaman wisata yang berbeda tetapi juga memperkaya pengetahuan tentang sejarah dan budaya Indonesia. Kediri, dengan semua situs sejarahnya, membuktikan bahwa Indonesia kaya akan cerita dan warisan yang harus dijaga dan dilestarikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *