Wisata  

8 Daftar Tempat Wisata Bersejarah di Kota Madiun

Madiun memiliki sejarah yang kaya dan beberapa tempat wisata bersejarah yang menarik

8 Daftar Tempat Wisata Bersejarah di Kota Madiun.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK ,tivi7news.com, -Madiun adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Meskipun tidak sepopuler kota-kota besar lainnya di Jawa Timur seperti Surabaya atau Malang, Madiun memiliki sejarah yang kaya dan beberapa tempat wisata bersejarah yang menarik, antara lain:

 

1.Masjid Kuno Kuncen

 

Terletak di kelurahan Kuncen, Kecamatan Taman, Masjid Kuno Kuncen adalah sebuah bangunan bersejarah dengan arsitektur joglo yang megah. Diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-16 dengan nama awal Masjid Nurhidayatulloh, masjid ini juga menjadi tempat makam beberapa Bupati Madiun terdahulu. Kombinasi antara keindahan alam dan warisan budaya menjadikan Masjid Kuno Kuncen sebagai salah satu ikon bersejarah Kota Madiun.

 

2.Masjid Kuno Taman

 

Merupakan peninggalan sejarah di Kota Madiun yang terletak di Jalan Asahan, Kecamatan Taman. Bangunan utamanya, yang didirikan pada tahun 1754 oleh Kyai Ageng Misbach atau dikenal sebagai Masjid Donopuro, masih utuh hingga saat ini. Keasrian alam dan kehijauan sekitar menjadikan Masjid Kuno Taman sebagai destinasi bersejarah yang menarik.

 

3.Balaikota Madiun

 

Bangunan bergaya arsitektur kolonial ini, didirikan sekitar tahun 1928 pada masa penjajahan Belanda, menampilkan kecantikan dan keindahan yang menakjubkan. Bangunan ini menjadi ikon utama di kawasan Pahlawan Street Centre dengan gaya Nieuwe Bouwen yang dipadukan dengan karakteristik arsitektur lokal.

 

4.Gereja Santo Cornelius

 

Merupakan salah satu ikon di kawasan Pahlawan Street Centre, gereja ini diprediksikan dibangun sekitar tahun 1899 dan masih menjadi rumah ibadah bagi umat Katolik di Kota Madiun.

 

5.Gedung Bakorwil Madiun

 

Bangunan peninggalan Belanda ini, dengan gaya arsitektur Indische Empire, berdiri sejak abad ke-19 dan difungsikan sebagai kompleks kantor Badan Koordinator Wilayah di Madiun yang dikelola oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur.

 

6.Rumah Kapitan Cina

 

Merupakan salah satu dari dua bangunan tua yang tersisa di Indonesia, terletak di depan Alun-Alun Kota Madiun. Bangunan ini dulu merupakan kediaman Kapten Njoo Swie Lian, seorang pemimpin etnis Tionghoa di Kota Madiun, dan kini telah ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya.

 

  1. Klenteng Hwi Ing Kiong

 

Klenteng ini, yang mulai dibangun pada tahun 1818, menampilkan nuansa Tionghoa yang kental dengan ornamen-ornamen merah dan keramik khas Belanda. Bangunan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi warga Kota Madiun.

 

8.Kompleks Pabrik Gula Rejo Agung

 

Pabrik Gula Rejo Agung, didirikan sejak tahun 1894, dahulu merupakan pabrik gula terbesar di Madiun dengan kapasitas produksi yang mencapai 6000 TCD. Meskipun terkesan sedikit menyeramkan, kompleks ini kini menjadi tempat yang cocok untuk mengabadikan momen bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *