Puluhan Warga Gelar Tradisi Larung Sesaji di Pasar Ikan Mbaduk, Nganjuk

Puluhan warga Desa Malangsari, Kecamatan Tanjunganom, menyelenggarakan Tradisi Larung Sesaji di pasar ikan Mbaduk pada hari Selasa (5/03/2024) pagi.

Puluhan Warga Gelar Tradisi Larung Sesaji di Pasar Ikan Mbaduk, Nganjuk. tivi7news.com/Rendi

Nganjuk, tivi7news.com – Puluhan warga Desa Malangsari, Kecamatan Tanjunganom, menyelenggarakan Tradisi Larung Sesaji di pasar ikan Mbaduk pada hari Selasa (5/03/2024) pagi.

 

Tradisi yang dilakukan setiap tahun ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas nikmat rezeki, keselamatan, dan hasil alam yang melimpah.

 

Selain sebagai bagian dari Larung Sesaji, acara ini juga bertujuan untuk meruwat pasar ikan di Dam Mbaduk. Ruwatan, sebagai salah satu bentuk upacara atau ritual penyucian, menjadi bagian penting dari kegiatan ini. Sementara Larung Sesaji bertujuan untuk melestarikan budaya bangsa dan warisan leluhur.

 

Menurut Kepala Desa Malangsari, Mujianto, acara ini rutin diadakan setiap tahun dengan harapan agar warga dan pedagang di Dam Mbaduk dapat menjaga kerukunan.

 

“Dengan adanya Festival Larung Sesaji, doa bersama, dan Ruwatan pasar ikan, semoga kegiatan ini mendapat barokah dari Tuhan,” ujar Mujianto.

 

Selain Larung Sesaji dan Ruwatan pasar ikan, diharapkan bahwa kegiatan ini juga dapat menarik wisatawan untuk mengunjungi Dam Mbaduk. Di sana, tersedia wisata kuliner lokal dengan nuansa di tepi sungai dan masakan khas daerah yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *