Budaya  

6 Tradisi Mistis Jawa Timur yang Menarik

Jawa Timur adalah salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi mistis yang masih dilestarikan hingga saat ini

6 Tradisi Mistis Jawa Timur yang Menarik. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Jawa Timur adalah salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi mistis yang masih dilestarikan hingga saat ini. Berikut adalah enam tradisi mistis yang menarik dari Jawa Timur:

 

  1. Jaran Kepang

 

 

Jaran Kepang adalah tradisi tarian yang berasal dari Jawa Timur yang dilakukan oleh sekelompok penari yang menunggangi “kuda” dari anyaman bambu. Dalam pertunjukan ini, para penari diyakini dapat dipengaruhi oleh roh atau entitas gaib yang membuat mereka bergerak secara tidak wajar atau seperti terhipnotis.

 

2. Tumbal

 

 

Tumbal adalah praktik yang masih ada di beberapa daerah di Jawa Timur di mana orang-orang memberikan sesuatu kepada roh atau entitas supranatural sebagai pengorbanan untuk mendapatkan perlindungan atau keberuntungan. Tumbal bisa berupa hewan, seperti ayam atau kambing, atau bahkan bisa berupa sesuatu yang lebih berharga seperti uang atau perhiasan.

 

3. Larung Sesaji

 

 

Larung Sesaji adalah tradisi masyarakat Jawa Timur yang melibatkan penyebaran sesaji atau persembahan kepada leluhur atau roh leluhur. Sesaji ini biasanya berupa makanan, minuman, dupa, dan bunga yang diletakkan di altar atau tempat-tempat suci sebagai tanda penghormatan dan permohonan restu.

 

4. Nyadran

 

Nyadra adalah tradisi tahunan yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Timur untuk menghormati para leluhur. Dalam tradisi ini, masyarakat berkumpul di makam-makam leluhur mereka untuk membersihkan dan merawat makam serta memberikan sesaji sebagai penghormatan kepada roh leluhur.

 

5. Selametan

 

Selametan adalah tradisi masyarakat Jawa Timur yang dilakukan untuk merayakan atau menghormati peristiwa-peristiwa penting, seperti kelahiran, pernikahan, atau bahkan kematian. Dalam selametan, masyarakat biasanya berkumpul untuk makan bersama dan membagikan makanan kepada tetangga dan kerabat sebagai tanda kebersamaan dan solidaritas.

 

6. Reyog

 

Reyog adalah tradisi pertunjukan kesenian yang berasal dari Jawa Timur yang dipercaya memiliki unsur mistis. Dalam pertunjukan reyog, terdapat tokoh utama yang disebut “jatilan” yang diyakini dapat berkomunikasi dengan roh atau entitas gaib. Pertunjukan ini juga sering diiringi dengan ritual-ritual khusus untuk mengundang keberuntungan dan melindungi penonton dari bahaya.

Tradisi-tradisi mistis ini masih menjadi bagian penting dari budaya dan kepercayaan masyarakat Jawa Timur dan terus dilestarikan hingga saat ini. Meskipun terkadang dilihat dengan skeptis oleh beberapa orang, bagi masyarakat setempat, tradisi-tradisi ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari identitas dan kehidupan sehari-hari mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *