Manfaat dan Niat Puasa Senin Kamis, Amalan Sunnah yang Istimewa

Manfaat dan Niat Puasa Senin Kamis, Amalan Sunnah yang Istimewa. Foto: tivi7news/ilustrasi.
banner 468x60

Nganjuk, tivi7news.com- Puasa Senin Kamis adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Rasulullah Muhammad SAW sendiri rutin menjalankan puasa ini sebagai bentuk ibadah tambahan di luar puasa wajib di bulan Ramadhan. Berikut ini penjelasan tentang niat dan keistimewaan dari puasa Senin Kamis.

Niat Puasa Senin Kamis

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Niat adalah salah satu syarat sahnya suatu ibadah, termasuk puasa. Niat puasa Senin Kamis dapat diucapkan dalam hati sebelum fajar menyingsing. Niat tersebut bisa diungkapkan dengan lafadz sebagai berikut:

> “Nawaitu shauma yaumi ts-tsulatsa’i sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya berniat puasa sunnah pada hari Senin karena Allah Ta’ala.”

Sedangkan untuk puasa Kamis, niatnya adalah:

> “Nawaitu shauma yaumi ts-tsulatsa’i sunnatan lillahi ta’ala”

Artinya: “Saya berniat puasa sunnah pada hari Kamis karena Allah Ta’ala.”

Keistimewaan Puasa Senin Kamis

Puasa Senin Kamis memiliki berbagai keistimewaan yang membuatnya menjadi amalan yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Beberapa keistimewaan tersebut antara lain:

1. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW
Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya puasa Senin Kamis. Beliau bersabda: “Amal-amal manusia dilaporkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka saya suka apabila amal saya dilaporkan ketika saya sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi).

2. Diterimanya Amal Ibadah
Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Segala amal perbuatan dilaporkan setiap hari Senin dan Kamis. Maka aku ingin saat amalanku dilaporkan, aku sedang dalam keadaan berpuasa.” (HR. Tirmidzi). Dengan berpuasa pada hari-hari tersebut, ada harapan besar bahwa amal ibadah kita akan diterima oleh Allah SWT.

3. Menguatkan Disiplin Diri
Puasa Senin Kamis melatih kita untuk memiliki kedisiplinan dan pengendalian diri. Dengan berpuasa secara rutin setiap minggunya, kita terbiasa menahan diri dari makan, minum, dan segala hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga matahari terbenam.

4. Meningkatkan Kesehatan
Berpuasa secara teratur juga memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik kita. Banyak penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan fungsi tubuh, membantu detoksifikasi, serta memperbaiki sistem pencernaan.

5. Menambah Pahala dan Menghapus Dosa
Dalam hadits lain, Rasulullah SAW menyebutkan bahwa puasa adalah perisai dari api neraka. Setiap puasa yang dijalankan dengan ikhlas karena Allah SWT akan mendatangkan pahala dan menghapus dosa-dosa kecil.

6. Mendapatkan Syafaat pada Hari Kiamat
Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda: “Puasa dan Al-Qur’an akan memberikan syafaat kepada seorang hamba pada hari kiamat.” (HR. Ahmad). Dengan berpuasa Senin Kamis, kita berharap dapat memperoleh syafaat yang akan membantu kita di akhirat kelak.

Puasa Senin Kamis merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan untuk kita lakukan. Selain mendapatkan pahala yang besar, puasa ini juga memiliki banyak manfaat baik dari segi spiritual maupun kesehatan. Dengan niat yang ikhlas dan pengamalan yang konsisten, semoga kita semua dapat meraih keberkahan dan ridha Allah SWT melalui puasa Senin Kamis.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *