Religi  

Doa Menjenguk Orang Sakit dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Beserta Hadistnya

Doa saat menjenguk orang sakit merupakan bentuk doa yang dilakukan untuk memberikan semangat dan harapan kepada orang yang sedang sakit

Doa Menjenguk Orang Sakit dalam Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Beserta Hadistnya. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Doa saat menjenguk orang sakit merupakan bentuk doa yang dilakukan untuk memberikan semangat dan harapan kepada orang yang sedang sakit. Berikut adalah doa dalam bahasa Arab, disertai dengan transliterasi Latin serta terjemahan dalam bahasa Indonesia:

 

Doa dalam Bahasa Arab:

 

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ، أَذْهِبِ الْبَأْسَ، اشْفِهِ وَأَنْتَ الشَّافِي، لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ، شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

 

Latin:

 

Allahumma rabb an-nas, adhhibil ba’sa, ishfihi wa anta ash-shafi, la shifa’a illa shifa’uka, shifa’an la yughadiru saqaman.

 

Artinya:

 

Ya Allah, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit ini, sembuhkanlah dia, karena Engkau adalah yang menyembuhkan, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.

Doa ini adalah salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk digunakan saat menjenguk orang sakit. Semoga dengan doa ini, orang yang sakit mendapatkan kesembuhan dan kekuatan untuk pulih kembali.

 

Berikut adalah salah satu hadits yang mengajarkan pentingnya menjenguk orang sakit:

 

Hadist:

 

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ الْعَاصِ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ: “مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَعُودُ مُسْلِمًا فِي غَيْبَةِ الْمُسْلِمِ فَيَجْلِسُ عِنْدَ رَأْسِهِ حَتَّى يُفِيقَ، إِلَّا نَادَاهُ مُنَادٍ: قُمْ فَغْفِرَ لَهُ، قُمْ فَغْفِرَ لَهُ، قُمْ فَغْفِرَ لَهُ” مُسْلِمٌ

 

Terjemahan:

Dari Abdullah bin ‘Amr bin ‘Ash, dari ayahnya, dari Rasulullah ﷺ, beliau bersabda: “Tidaklah seorang Muslim menjenguk saudaranya yang sakit di pagi hari, melainkan malaikat berkata: ‘Semoga kamu mendapat kebaikan, semoga berkah atas pagimu, dan semoga kebaikan diberikan kepadamu.'” (Muslim)

Hadist ini menekankan pentingnya menjenguk orang sakit dalam Islam. Menjenguk orang sakit bukan hanya sebagai bentuk kepedulian dan empati, tetapi juga mendatangkan berkah dan kebaikan bagi kedua belah pihak. Oleh karena itu, menjenguk orang sakit merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam agama Islam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *