Religi  

Keutamaan Sholat Tarawih dalam 10 Hari Pertama Ramadhan

Sholat Tarawih adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan setelah sholat Isya. Ibadah ini memiliki keutamaan yang luar biasa, terutama ketika dilakukan di 10 hari pertama Ramadhan

Keutamaan Sholat Tarawih dalam 10 Hari Pertama. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Sholat Tarawih adalah ibadah sunnah yang dilakukan pada bulan Ramadhan setelah sholat Isya. Ibadah ini memiliki keutamaan yang luar biasa, terutama ketika dilakukan di 10 hari pertama Ramadhan.

Berikut adalah beberapa keutamaan sholat Tarawih dalam periode tersebut:

 

  1. Meningkatkan Kualitas Ibadah

 

Dalam 10 hari pertama Ramadhan, seseorang masih dalam semangat awal untuk beribadah. Melakukan sholat Tarawih di awal bulan Ramadhan dapat membantu seseorang membangun momentum positif dalam menjalankan ibadah di bulan yang penuh berkah ini.

 

  1. Menghapus Dosa

 

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang berdiri (sholat) di malam hari pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari dan Muslim). Melakukan sholat Tarawih di 10 hari pertama Ramadan merupakan kesempatan emas untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

 

  1. Mendekatkan Diri kepada Allah

 

Ramadhan adalah bulan di mana pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Melakukan sholat Tarawih di 10 hari pertama Ramadan adalah cara yang baik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh rahmat serta ampunan-Nya.

 

  1. Menguatkan Hubungan dengan Al-Quran

 

Sholat Tarawih biasanya dilakukan dengan membaca Al-Quran dalam jumlah yang cukup banyak. Melakukan sholat Tarawih di 10 hari pertama Ramadhan memberikan kesempatan untuk memperdalam hubungan dengan Al-Quran, karena selama bulan Ramadhan, turunnya Al-Quran dimulai.

 

  1. Menambah Pahala

 

Setiap amal ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dibandingkan dengan di luar bulan tersebut. Melakukan sholat Tarawih di 10 hari pertama Ramadhan adalah investasi pahala yang besar untuk diri sendiri di dunia maupun di akhirat.

 

  1. Menjadi Teladan bagi Orang Lain

 

Ketika seseorang rajin dalam menjalankan sholat Tarawih di 10 hari pertama Ramadhan, hal tersebut dapat menjadi inspirasi bagi orang lain untuk turut beribadah dengan semangat yang sama. Dengan demikian, seseorang tidak hanya mendapatkan keutamaan pribadi, tetapi juga berbagi kebaikan kepada orang lain.

 

Dengan memperhatikan keutamaan-keutamaan tersebut, menjalankan sholat Tarawih di 10 hari pertama Ramadhan merupakan suatu amal yang sangat dianjurkan. Dengan semangat dan niat yang tulus, setiap muslim dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperoleh berbagai keberkahan dalam hidupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *