Langkah-langkah Penting untuk Memastikan Keamanan Digital Anda

Keamanan digital adalah langkah perlindungan terhadap identitas online, data, dan aset digital seperti foto, kata sandi, dan nomor pin

Langkah-langkah Penting untuk Memastikan Keamanan Digital.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Keamanan digital adalah langkah perlindungan terhadap identitas online, data, dan aset digital seperti foto, kata sandi, dan nomor pin. Meskipun sering disamakan dengan keamanan siber, keamanan digital lebih luas dan mencakup perlindungan terhadap semua aspek teknologi informasi dan jaringan.

Keamanan digital melindungi data dan informasi digital seperti dokumen, gambar, video, dan audio.

Keamanan siber, di sisi lain, melindungi semua aspek keamanan yang terkait dengan teknologi informasi dan jaringan dari ancaman Internet

Meski begitu, keamanan digital dan cyber security sama-sama penting dalam melindungi informasi digital.

 

Tips Menjaga Keamanan Digital:

 

  1. Gunakan Koneksi Internet (Wi-Fi) yang Aman

 

Pastikan selalu menggunakan koneksi internet atau Wi-Fi yang aman untuk melindungi informasi digital anda dari akses oleh pihak yang tidak diinginkan. Beberapa jaringan Wi-Fi gratis juga dapat menyimpan malware yang berpotensi merusak perangkat anda.

 

Tanda-tanda Wi-Fi yang aman meliputi:

– Memerlukan kata sandi untuk akses.

– Menampilkan ikon gembok pada jaringan.

– Menggunakan enkripsi dengan protokol keamanan seperti WPA2 atau WPA3.

 

Penting untuk memilih koneksi internet atau Wi-Fi yang memenuhi kriteria tersebut untuk menghindari risiko keamanan dari jaringan Wi-Fi gratis dan potensi ancaman digital.

 

  1. Buat Password yang Kuat dan Unik

 

Buatlah kata sandi yang kuat dan unik untuk melindungi keamanan digital anda. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, serta simbol. Hindari menggunakan informasi pribadi dan jangan gunakan password yang sama untuk beberapa akun.

 

Untuk kemudahan, pertimbangkan menggunakan manajer kata sandi seperti NordPass, 1Password, atau RoboForm.

 

  1. Ganti Password secara Berkala

 

Selalu ingat untuk secara rutin mengubah password akun anda. Hal ini membantu mengurangi risiko peretasan atau pencurian data pribadi anda. Dengan demikian, jika password anda terpapar, anda telah mengambil langkah-langkah untuk melindungi akun anda.

 

  1. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

 

Sebagai langkah keamanan tambahan, aktifkan autentikasi dua faktor (2FA). Metode ini memperkenalkan proses verifikasi ganda saat mengakses akun anda, menjadikannya lebih sulit bagi pihak yang memiliki password atau PIN anda untuk masuk, karena memerlukan metode tambahan.

 

  1. Hindari Mengklik Link secara Sembarangan

 

Hindari mengklik link yang tidak dikenal atau diragukan, terutama jika diminta oleh pihak ketiga. Pastikan untuk memeriksa URL dan alamat email pengirim sebelum mengklik link tersebut untuk memastikan keasliannya. Hal ini membantu mencegah potensi bahaya dari serangan phishing atau malware.

 

  1. Periksa Kredibilitas Website

 

Sebelum memasukkan data pribadi, pastikan untuk memeriksa kredibilitas website tersebut. Periksa apakah website menggunakan SSL, baca ulasan pengguna, dan teliti kebijakan privasi serta informasi kontak pemilik website.

 

  1. Lindungi Perangkat Anda dengan Antivirus

 

Instal antivirus yang terpercaya untuk melindungi perangkat anda dari virus, malware, dan upaya penipuan lainnya. Antivirus tidak hanya mendeteksi, tetapi juga mencegah serangan saat ancaman mencoba menyusup ke perangkat anda.

 

  1. Perbarui Perangkat Lunak secara Rutin

 

Setelah menginstal antivirus, pastikan untuk secara rutin memperbarui semua perangkat lunak yang terpasang pada perangkat anda. Pembaruan perangkat lunak penting untuk menutup celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh penjahat cyber. Gunakan versi terbaru dari perangkat lunak untuk memastikan keamanan yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *