12 Penyebab Badan Pegal-pegal saat Bangun Tidur, Faktor-faktor Termasuk Kurang Tidur

Badan yang terasa pegal-pegal saat bangun tidur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk posisi tidur yang tidak tepat, kurang tidur, dan masalah kesehatan tertentu

Penyebab Badan Pegal-pegal saat Bangun Tidur.Foto:tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Badan yang terasa pegal-pegal saat bangun tidur dapat disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk posisi tidur yang tidak tepat, kurang tidur, dan masalah kesehatan tertentu. Namun, pegal-pegal yang terjadi bersama gejala lain mungkin merupakan pertanda masalah kesehatan serius seperti radang sendi dan lupus.

 

Berikut adalah penyebab umum badan pegal-pegal saat bangun tidur yang perlu diketahui, seperti yang disarikan dari Healthline dan Medical News Today:

 

– Posisi tidur yang tidak tepat, misalnya tidur tengkurap, dapat menyebabkan ketegangan otot dan membuat tubuh terasa pegal saat bangun tidur.

 

– Fibromyalgia adalah kondisi kronis yang ditandai dengan nyeri tubuh, kelelahan, dan otot kaku, meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti.

 

Infeksi dan virus seperti flu dan pilek dapat menyebabkan nyeri tubuh dan kelelahan karena respons sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.

 

– Retensi cairan dalam tubuh, yang bisa disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan seperti gangguan tiroid dan penyakit ginjal kronis, dapat menyebabkan inflamasi dan nyeri pada otot.

 

– Hipokalemia, yang merupakan kadar kalium rendah dalam darah, dapat memengaruhi fungsi otot dan saraf, meningkatkan risiko kram otot dan kelelahan.

 

Stres dapat mempengaruhi kondisi fisik tubuh dan membuatnya lebih rentan terhadap nyeri dan ketegangan otot.

 

Dehidrasi dapat menyebabkan ketegangan otot dan kelelahan karena tubuh memerlukan cairan yang cukup untuk berfungsi dengan baik.

 

– Kurang tidur dapat menyebabkan ketegangan otot dan kelelahan, serta mengganggu proses pemulihan tubuh selama tidur.

 

– Pneumonia, infeksi paru-paru yang serius, dapat menyebabkan ketegangan otot dan kelelahan karena gangguan dalam sirkulasi oksigen dalam tubuh.

 

– Sindrom kelelahan kronis, sebuah kondisi yang ditandai oleh kelelahan yang parah dan terus-menerus, dapat menyebabkan tubuh terasa pegal dan lemas.

 

– Arthritis, yang merupakan inflamasi pada sendi, dapat menyebabkan rasa nyeri dan ketegangan otot.

 

– Gangguan autoimun seperti lupus dan sklerosis ganda dapat menyebabkan inflamasi pada tubuh dan otot, menyebabkan sensasi pegal-pegal saat bangun tidur.

 

Memahami penyebab badan pegal-pegal saat bangun tidur penting untuk mencari pertolongan medis jika diperlukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *