Waspada ini 8 Penyakit yang Muncul Akibat Membiarkan Gigi Berlubang, Salah Satunya Penyakit Jantung

Penyakit yang muncul akibat membiarkan gigi berlubang. Foto : tivi7news.com/ilustrasi.
banner 468x60

Nganjuk, tivi7news.com- Gigi berlubang atau karies gigi adalah masalah umum yang terjadi ketika lapisan luar gigi (email) rusak dan membentuk lubang. Sayangnya, banyak orang mengabaikan gigi berlubang, menganggapnya hanya sebagai masalah kosmetik. Berbagai penyakit serius dapat terjadi jika gigi berlubang dibiarkan tanpa perawatan.

 

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Berikut adalah 8 penyakit yang dapat muncul jika gigi berlubang dibiarkan:

 

  1. Gingivitis

Gingivitis adalah peradangan gusi yang disebabkan oleh plak bakteri yang menumpuk di sekitar gigi. Gigi berlubang dapat menjadi tempat bagi bakteri untuk berkembang biak, yang kemudian dapat menyebabkan peradangan pada gusi. Gejala gingivitis termasuk gusi yang merah, bengkak, dan berdarah saat menyikat gigi.

 

  1. Periodontitis

Jika gingivitis tidak diobati, bisa berkembang menjadi periodontitis, yang merupakan infeksi serius pada jaringan pendukung gigi. Periodontitis dapat menyebabkan kerusakan pada tulang dan ligamen yang mendukung gigi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan kehilangan gigi.

 

  1. Abses Gigi

Abses gigi terjadi ketika infeksi bakteri menumpuk di dalam gigi atau gusi. Jika gigi berlubang tidak diobati, infeksi dapat menyebar dan membentuk kantung nanah yang terisi cairan di dalam atau di sekitar akar gigi. Abses gigi dapat menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan, demam, dan bahkan infeksi yang menyebar ke bagian tubuh lain.

 

  1. Sinusitis

Gigi bagian atas yang berlubang pada gigi geraham dapat menyebabkan infeksi yang menyebar ke sinus maksilaris, yang merupakan rongga udara di belakang tulang pipi dan dahi. Hal ini dapat mengakibatkan sinusitis, yang ditandai dengan gejala seperti hidung tersumbat, nyeri wajah, dan sakit kepala.

 

  1. Endokarditis

Endokarditis adalah infeksi pada dinding dalam jantung atau katup jantung. Bakteri dari infeksi gigi yang tidak diobati dapat masuk ke aliran darah dan menyebar ke jantung, menyebabkan endokarditis. Ini merupakan kondisi yang serius dan dapat mengancam jiwa.

 

  1. Penyakit Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan hubungan antara penyakit gusi yang tidak diobati dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Infeksi kronis dari gigi berlubang dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

 

  1. Penyakit Paru-paru

Bakteri dari infeksi gigi yang tidak diobati juga dapat masuk ke paru-paru melalui aliran darah atau melalui inhalasi, menyebabkan berbagai infeksi paru-paru seperti pneumonia.

 

  1. Diabetes

Penyakit gusi yang tidak diobati dapat memperburuk kontrol gula darah pada penderita diabetes. Sebaliknya, diabetes yang tidak terkontrol juga dapat meningkatkan risiko infeksi gigi dan masalah gusi.

 

Dengan memperhatikan pentingnya kesehatan gigi dan mulut, penting bagi setiap orang untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur dan mengobati gigi berlubang sesegera mungkin untuk mencegah timbulnya penyakit yang serius.

 

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *