8 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Smartphone Cepat Rusak

Smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari banyak orang

8 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Smartphone Cepat Rusak.foto : tivi7news.com/Tangkapan layar

NGANJUK, tivi7news.com, -Smartphone telah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari banyak orang. Namun, beberapa kebiasaan buruk dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat tersebut. Berikut adalah delapan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan smartphone cepat rusak:

 

1.Tidak Menggunakan Pelindung Layar

 

Tidak menggunakan pelindung layar dapat membuat layar smartphone rentan terhadap goresan dan retak. Terutama jika smartphone sering digunakan dalam kondisi yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada layar, seperti ketika dibawa bepergian.

 

2.Menyimpan Smartphone di Tempat yang Tidak Aman

 

Menyimpan smartphone di dalam saku celana yang ketat atau di tempat yang penuh dengan barang-barang tajam dapat menyebabkan tekanan atau goresan pada perangkat. Ini dapat mengakibatkan kerusakan fisik atau bahkan kerusakan pada komponen internal.

 

3.Pengisian Daya yang Tidak Tepat

 

Pengisian daya yang tidak tepat, seperti menggunakan charger yang tidak disertakan dengan perangkat atau menggunakan charger palsu yang tidak sesuai spesifikasi, dapat merusak baterai smartphone. Penggunaan charger yang tidak tepat juga dapat meningkatkan risiko overheating.

 

4.Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

 

Membiarkan terlalu banyak aplikasi berjalan di latar belakang dapat menguras daya baterai dan membebani kinerja sistem. Hal ini dapat menyebabkan smartphone panas dan membuat komponen internal bekerja lebih keras dari biasanya, yang pada akhirnya dapat mengurangi umur perangkat.

 

5.Tidak Membersihkan Smartphone secara Berkala

 

Kotoran, debu, dan minyak dari tangan dapat menumpuk di permukaan smartphone dan di port pengisian. Jika tidak dibersihkan secara berkala, ini dapat menyebabkan masalah seperti koneksi yang tidak stabil atau kerusakan pada port pengisian.

 

  1. *Mengabaikan Update Perangkat Lunak*: Mengabaikan pembaruan sistem operasi dan aplikasi dapat mengakibatkan kerentanan keamanan dan kinerja yang buruk. Pembaruan perangkat lunak sering kali memperbaiki bug dan kerentanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada perangkat.

 

7.Menggunakan Smartphone di Dekat Air

 

Menggunakan smartphone di dekat air, seperti di kamar mandi atau di sekitar kolam renang, meningkatkan risiko kerusakan akibat tumpahan atau kontak dengan cairan. Bahkan uap air dapat merusak komponen internal perangkat.

 

8.Jatuh atau Terjatuh

 

Jatuh atau terjatuh adalah salah satu penyebab utama kerusakan pada smartphone. Bahkan jatuh dari ketinggian yang rendah dapat merusak layar atau komponen internal perangkat.

 

Dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini, pengguna dapat memperpanjang umur smartphone mereka dan mengurangi risiko kerusakan yang tidak perlu. Melakukan perawatan yang tepat pada perangkat juga akan menghemat uang dalam jangka panjang dengan mengurangi biaya perbaikan atau penggantian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *