Tips Membedakan iPhone Asli dan HDC untuk Menghindari Penipuan

HDC (Handphone Copy Draw) adalah istilah yang merujuk pada perangkat iPhone palsu yang dirancang dengan sangat mirip seperti aslinya

Tips Membedakan iPhone Asli dan HDC untuk Menghindari Penipuan.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

Nganjuk, tivi7news.com– HDC (Handphone Copy Draw) adalah istilah yang merujuk pada perangkat iPhone palsu yang dirancang dengan sangat mirip seperti aslinya. Ada penjual yang tidak bertanggung jawab yang mungkin mencoba menipu pembeli dengan menjual HDC sebagai iPhone asli. Sebaiknya, beli iPhone dari Apple Store resmi atau reseller yang sah dari Apple. Jika anda mempertimbangkan untuk membeli iPhone bekas, sangat penting untuk melakukan pemeriksaan yang teliti.

 

Disarankan untuk membandingkan perangkat dengan iPhone asli jika memungkinkan. Perlu diingat bahwa penjual HDC semakin mahir dalam meniru tampilan iPhone yang asli. Jika anda merasa ragu atau pemeriksaan awal tidak meyakinkan, lebih baik untuk tidak mengambil risiko dan membatalkan pembelian.

 

Untuk menghindari penipuan, berikut adalah beberapa tips untuk membedakan antara iPhone asli dan HDC:

 

  1. Perhatikan Harga

 

Periksa harga dengan hati-hati. Jika harga iPhone jauh di bawah harga pasar, kemungkinan besar itu adalah HDC. Apple menetapkan harga resmi yang stabil untuk produk mereka. Selain itu, bandingkan juga harga jual iPhone asli bekas dengan kondisi yang serupa. Jika harganya jauh lebih murah, kemungkinan besar itu adalah HDC.

 

  1. Periksa Fisik dengan Teliti

 

iPhone asli dibuat menggunakan bahan premium seperti aluminium dan kaca berkualitas tinggi. Kualitas konstruksi sangat kuat. Perhatikan dengan seksama sambungan-sambungan, seharusnya tidak ada celah sama sekali.

 

Sementara itu, iPhone HDC sering kali menggunakan plastik yang terasa lebih ringan dan rapuh. Salah satu ciri yang dapat diperhatikan adalah logo Apel. Pada iPhone asli, logo Apel biasanya sedikit menonjol ke dalam dan tidak sejajar dengan permukaannya.

 

Selain itu, periksa juga tombol-tombol seperti tombol power, volume, dan mute. Pada iPhone asli, tombol-tombol tersebut harus memiliki respon dan umpan balik yang jelas saat ditekan. Tombol-tombol pada HDC sering kali terasa lebih lembut.

 

iPhone asli juga dilengkapi dengan port Lightning, sementara HDC kadang-kadang menggunakan micro USB atau bahkan USB Type-C.

 

 

  1. Verifikasi Nomor Seri dan IMEI

 

Buka Pengaturan > Umum > Tentang. Periksa apakah Nomor Seri sesuai dengan yang tertera pada kotak iPhone atau pada situs resmi Apple: [https://checkcoverage.apple.com/](https://checkcoverage.apple.com/). Pastikan Nomor Seri terdaftar secara resmi. Anda juga dapat mengecek IMEI dengan menekan kode dial *#06#. Pastikan keasliannya.

 

  1. Periksa Sistem Operasi

 

iPhone menggunakan sistem operasi iOS secara eksklusif. Jika perangkat anda menampilkan antarmuka yang mirip dengan Android, itu pasti palsu! iPhone asli hanya memiliki App Store, sedangkan HDC mungkin menggunakan Google Play Store atau toko aplikasi yang tidak resmi. iOS terkenal karena kelancaran antarmukanya. Jika anda menemui lag atau keterlambatan saat menggunakan aplikasi, sebaiknya curigai keasliannya.

 

  1. Uji Fitur-Fitur Eksklusif iPhone

 

Coba aktifkan Siri, sebuah fitur eksklusif untuk iPhone asli. Selain itu, uji juga Face ID/Touch ID, karena sensor sidik jari dan pengenalan wajah sangat responsif pada iPhone asli. Pastikan juga anda dapat masuk ke akun iCloud. Semoga tips ini membantu anda dalam membedakan antara iPhone asli dan HDC!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *