Sport  

Meningkatkan Performa dan Ketahanan, Tata Cara Servis Bawah Bola Voli yang Baik dan Benar

Servis bawah dalam bola voli adalah teknik dasar yang memainkan peran penting dalam permainan

Meningkatkan Performa dan Ketahanan, Tata Cara Servis Bawah Bola Voli yang Baik dan Benar.Foto :tivi7nwes.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, -Servis bawah dalam bola voli adalah teknik dasar yang memainkan peran penting dalam permainan. Melakukan servis bawah dengan baik dan benar tidak hanya meningkatkan kualitas permainan anda, tetapi juga memastikan kesehatan dan keselamatan nda saat bermain.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu anda ikuti untuk melakukan servis bawah bola voli yang baik dan benar

 

  1. Posisi Awal yang Tepat

 

Mulailah dengan berdiri tegak di belakang garis servis. Pastikan kedua kaki nda berada dalam posisi yang stabil dan sejajar dengan bahu. Letakkan berat badan anda secara merata di kedua kaki untuk mempertahankan keseimbangan.

 

  1. Posisi Tangan dan Raket

 

Genggam raket dengan tangan dominan anda di bagian bawah gagang, sementara tangan non-dominan anda berada di bagian atas gagang. Pastikan raket sejajar dengan lantai dan membentuk sudut sekitar 45 derajat.

 

  1. Posisi Tubuh saat Servis

 

Ambil langkah ke depan dengan kaki dominan anda, sementara kaki non-dominan anda tetap berada di belakang untuk menjaga keseimbangan. Pindahkan berat tubuh ke depan pada langkah terakhir Anda, siap untuk melakukan gerakan servis.

 

  1. Gerakan Lengan dan Tubuh

 

Saat melakukan servis bawah, ayunkan raket anda ke belakang dengan gerakan melingkar yang terkendali. Pastikan untuk menjaga sikap tubuh yang stabil dan tetap fokus pada bola. Ketika bola mendekati anda, pukul bagian bawah bola dengan telapak tangan anda yang terbuka.

 

  1. Kontrol dan Presisi

 

Pastikan untuk memukul bola dengan bagian bawah telapak tangan anda, bukan dengan jari-jari atau bagian atas tangan. Hal ini akan memberikan lebih banyak kontrol dan presisi dalam arah dan kekuatan servis anda.

 

  1. Pendaratan yang Stabil

 

Setelah melakukan servis bawah, pastikan untuk mengamankan pendaratan anda dengan baik. Kembali ke posisi siap dan bersiap untuk bereaksi terhadap bola yang kembali dari lawan.

 

  1. Latihan dan Koreksi

 

Latihanlah teknik servis bawah secara rutin dan mintalah umpan balik dari pelatih atau rekan tim anda. Perbaiki kesalahan-kesalahan kecil dan teruslah mengasah keterampilan anda untuk meningkatkan konsistensi dan keandalan servis bawah anda.

 

  1. Perhatikan Kesehatan Tubuh

 

Selalu perhatikan postur tubuh anda saat melakukan servis bawah. Pastikan anda tidak memaksakan diri atau melanggar prinsip-prinsip ergonomi yang baik yang dapat menyebabkan cedera.

 

Dengan mengikuti tata cara servis bawah bola voli yang baik dan benar seperti yang dijelaskan di atas, anda dapat meningkatkan kualitas permainan anda dan meminimalkan risiko cedera. Latihanlah teknik ini secara rutin dan tetaplah fokus pada pengembangan keterampilan anda sebagai pemain bola voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *