Sport  

Mengenal Teknik Passing dalam Permainan Bola Voli

Passing adalah salah satu teknik dasar yang sangat penting dalam permainan bola voli

Mengenal Teknik Passing dalam Permainan Bola Voli. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Passing adalah salah satu teknik dasar yang sangat penting dalam permainan bola voli. Teknik ini juga dikenal dengan istilah “pasing” atau “servis receive”. Passing dilakukan untuk mengontrol bola saat datang dari pihak lawan agar dapat diteruskan ke rekan satu tim dengan tepat dan akurat. Berikut ini penjelasan mengenai teknik passing beserta beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakannya:

 

  1. Posisi Tubuh yang Tepat

 

Posisi tubuh yang tepat merupakan kunci utama dalam melakukan passing yang baik. Posisi kaki sebaiknya selebar bahu dan sedikit ditekuk, dengan berat badan seimbang di atas telapak kaki.

 

  1. Postur Tubuh yang Baik

 

Punggung sebaiknya cenderung lurus dan sedikit condong ke depan, dengan bahu terbuka. Hal ini memungkinkan pemain untuk memiliki ruang gerak yang cukup untuk melakukan gerakan passing dengan optimal.

 

  1. Penempatan Tangan yang Benar

 

Penempatan tangan yang benar sangat penting dalam passing. Kedua tangan sebaiknya ditempatkan di depan dada dengan jari-jari terbuka dan lurus. Salah satu tangan berfungsi sebagai penerima utama bola, sedangkan tangan satunya berfungsi sebagai penyeimbang.

 

  1. Gerakan Bahu yang Mengarah ke Depan

 

Gerakan bahu yang mengarah ke depan sangat penting dalam melakukan passing yang akurat. Gerakan ini membantu dalam mengarahkan bola ke arah yang diinginkan dan memperkecil peluang terjadinya kesalahan passing.

 

  1. Konsentrasi dan Fokus Tinggi

 

Konsentrasi dan fokus yang tinggi sangat diperlukan dalam melakukan passing. Pemain perlu memperhatikan gerakan bola lawan dengan seksama dan siap untuk merespons dengan cepat.

 

  1. Kontrol Nafas

 

Kontrol nafas yang baik juga merupakan faktor penting dalam melakukan passing. Pemain perlu mengatur pernapasan dengan baik untuk menjaga ketenangan dan kestabilan emosi saat melakukan teknik ini.

 

  1. Reaksi Cepat

 

Reaksi cepat dalam menghadapi bola yang datang adalah kunci kesuksesan dalam melakukan passing. Pemain perlu memiliki refleks yang cepat untuk mengambil keputusan dengan tepat dalam waktu singkat.

 

Teknik passing merupakan pondasi utama dalam permainan bola voli yang harus dikuasai dengan baik oleh setiap pemain. Dengan penguasaan yang baik terhadap teknik ini, tim dapat mengembangkan permainannya secara lebih efektif dan efisien. Oleh karena itu, latihan yang teratur dan disiplin dalam melaksanakan teknik ini sangat diperlukan untuk mencapai performa yang optimal dalam permainan bola voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *