Cara Mengolah Kulit Buah Jeruk, Membuat Olahan dari Bagian Buah yang Terkadang Terabaikan

Ketika kita membeli jeruk, sering kali fokus pada daging buahnya yang segar dan lezat, tetapi kita sering mengabaikan potensi baik dari kulitnya.

cara mengolah kulit bbuah jeruk. foto; tivi7news.com/ilustrasi.

Nganjuk, tivi7news.com, -Ketika kita membeli jeruk, sering kali fokus pada daging buahnya yang segar dan lezat, tetapi kita sering mengabaikan potensi baik dari kulitnya. Ternyata, kulit buah jeruk juga dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara yang kreatif dan berguna. Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengolah kulit buah jeruk dan membuat penggunaan penuh dari buah yang terkadang terabaikan ini:

1.Jeruk Kulit Segar

Sebelum mengolah kulit jeruk, pastikan untuk mencucinya dengan bersih di bawah air mengalir. Setelah dicuci, gunakan parutan kulit jeruk untuk membuat jeruk kulit segar. Parutan kulit jeruk dapat digunakan sebagai tambahan segar pada hidangan seperti salad, yogurt, atau minuman seperti teh dan koktail. Rasanya yang segar dan aromatik akan memberikan sentuhan yang menyegarkan pada hidangan anda.

 

2.Kulit Jeruk Kering

Salah satu cara paling umum untuk mengolah kulit jeruk adalah dengan mengeringkannya. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menyebar potongan kulit jeruk di atas nampan dan mengeringkannya di bawah sinar matahari atau menggunakan dehidrator makanan. Setelah kering, kulit jeruk dapat digunakan sebagai bumbu untuk masakan, seperti dalam kue, roti, atau campuran rempah. Mereka juga bisa dihancurkan menjadi bubuk untuk digunakan dalam berbagai resep.

 

3.Sirup Kulit Jeruk

Buatlah sirup kulit jeruk dengan merebus potongan kulit jeruk bersama dengan air dan gula. Sirup ini dapat digunakan sebagai pemanis alami dalam minuman seperti teh panas atau dingin, koktail, atau bahkan sebagai sirup topping untuk pancake atau es krim.

 

4.Minyak Esensial Jeruk

Anda juga dapat membuat minyak esensial jeruk sendiri dengan merendam potongan kulit jeruk dalam minyak nabati selama beberapa minggu. Setelah itu, saring minyak untuk mendapatkan minyak jeruk yang harum dan aromatik. Minyak jeruk dapat digunakan untuk aromaterapi, dalam pembuatan lilin, atau sebagai tambahan dalam produk perawatan kulit dan rambut alami.

 

5.Kulit Jeruk Manisan

Membuat kulit jeruk manisan adalah cara lain yang lezat untuk mengolah kulit jeruk. Potong kulit jeruk menjadi potongan kecil, lalu rebus dalam larutan gula hingga menjadi karamel dan kemudian dinginkan. Kulit jeruk manisan dapat dimakan sebagai camilan yang lezat atau digunakan sebagai hiasan untuk kue dan kue kering.

 

6.Pengawet Alam

Tambahkan potongan kulit jeruk kering atau kulit jeruk segar ke dalam toples atau kantong teh untuk memberikan aroma alami pada ruangan atau sebagai pengusir serangga alami di lemari atau dapur anda.

 

Dengan mengolah kulit jeruk dengan cara-cara ini, anda dapat membuat penggunaan penuh dari buah yang terkadang terabaikan ini dan menambahkan sentuhan segar dan aroma yang khas pada hidangan dan produk rumah anda. Jadi, sebelum anda membuang kulit jeruk berikutnya, pertimbangkan untuk mencoba salah satu dari cara-cara kreatif ini untuk mengolahnya dan memberikan nilai tambah pada hidangan dan produk rumah anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *