Manfaat Kulit Buah Jeruk bagi Kesehatan

Jeruk adalah buah yang dikenal kaya akan vitamin C dan antioksidan, namun sering kali kita mengabaikan potensi baik lainnya: kulitnya

manfaat kulit jeruk bagi kesehatan. foto: tivi7news.com/ilustrasi.

Nganjuk, tivi7news.com -Jeruk adalah buah yang dikenal kaya akan vitamin C dan antioksidan, namun sering kali kita mengabaikan potensi baik lainnya: kulitnya. Ternyata, kulit buah jeruk juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang mungkin belum banyak orang ketahui:

 

1.Kaya akan Serat

Kulit buah jeruk mengandung serat yang tinggi, yang penting untuk menjaga pencernaan kita tetap sehat. Serat membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus dengan mendorong gerakan usus yang lancar.

 

2.Antioksidan Tinggi

Seperti daging buahnya, kulit jeruk juga kaya akan antioksidan, termasuk flavonoid, flavonol, dan asam fenolat. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berkontribusi pada penyakit degeneratif seperti kanker dan penyakit jantung.

 

3.Mengandung Komponen Anti-inflamasi

Kulit jeruk mengandung senyawa anti-inflamasi seperti hesperidin dan naringin, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit inflamasi seperti arthritis dan penyakit jantung.

 

4.Menyokong Kesehatan Kulit

Kulit jeruk mengandung senyawa seperti limonene, yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Limonene memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan jerawat dan infeksi kulit lainnya.

 

5.Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan flavonoid dalam kulit jeruk telah dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung. Flavonoid dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol LDL (kolesterol jahat), yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

6.Mengurangi Risiko Diabetes

Studi telah menunjukkan bahwa senyawa dalam kulit jeruk dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah. Hal ini dapat bermanfaat dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

7.Sumber Nutrisi Tambahan

Kulit jeruk juga mengandung nutrisi tambahan seperti vitamin A, vitamin B, dan mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Menyertakan kulit jeruk dalam diet anda dapat menjadi cara yang bagus untuk memperoleh nutrisi tambahan ini.

 

Meskipun kulit buah jeruk memiliki banyak manfaat, pastikan untuk mencuci kulit jeruk dengan bersih sebelum mengonsumsinya, terutama jika buahnya tidak organik, untuk menghilangkan residu pestisida dan kotoran lainnya. Anda juga dapat menambahkan kulit jeruk ke dalam makanan atau minuman seperti smoothie atau teh untuk mendapatkan manfaatnya tanpa harus mengonsumsinya secara langsung. Dengan memanfaatkan potensi baik dari seluruh buah jeruk, anda dapat meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *