Jangan Panik Jika Layar Sentuh Hp Android Anda Error, Yuk Lakukan Langkah Berikut

Layar sentuh yang bermasalah pada perangkat Android bisa sangat mengganggu

langkah yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah layar sentuh yang error pada HP Android. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

Nganjuk, tivi7news.com – Layar sentuh yang bermasalah pada perangkat Android bisa sangat mengganggu. Tidak hanya membatasi kemampuan penggunaan perangkat, tetapi juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kenyamanan pengguna.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda coba untuk mengatasi masalah layar sentuh yang error pada HP Android anda:

 

  1. Bersihkan Layar

Kotoran, debu, atau minyak dari jari dapat mengganggu responsivitas layar sentuh. Gunakan kain microfiber yang bersih dan lembut untuk membersihkan layar secara menyeluruh.

 

  1. Restart Perangkat

Seringkali, masalah kecil pada perangkat Android dapat diselesaikan dengan melakukan restart sederhana. Matikan perangkat anda dan hidupkan kembali setelah beberapa detik.

 

  1. Hapus Caching Aplikasi

Cobalah untuk membersihkan cache aplikasi, terutama aplikasi yang sering digunakan. Anda dapat melakukannya melalui pengaturan perangkat:

 

– Buka “Pengaturan” di perangkat Anda.

– Pilih “Penyimpanan” atau “Penyimpanan & cache”.

– Pilih “Cache data” dan konfirmasi penghapusan.

 

  1. Periksa Pembaruan Perangkat Lunak

Pastikan sistem operasi dan semua aplikasi di perangkat anda diperbarui ke versi terbaru. Perbaruan perangkat lunak sering mengatasi masalah bug dan masalah kompatibilitas yang dapat mempengaruhi layar sentuh.

 

  1. Nonaktifkan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika anda mengalami masalah setelah menginstal aplikasi baru, coba nonaktifkan atau hapus aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin tidak kompatibel dengan perangkat anda dan dapat menyebabkan masalah pada layar sentuh.

  1. Mode Aman

Coba masuk ke “Mode Aman” untuk memeriksa apakah masalahnya terkait dengan aplikasi pihak ketiga. Untuk masuk ke “Mode Aman”:

 

– Tekan dan tahan tombol daya.

– Ketika opsi shutdown muncul, tahan opsi itu.

– Ketika muncul opsi “Mode Aman”, ketuk atau pilih opsi tersebut.

 

  1. Kalibrasi Layar

Beberapa perangkat Android memiliki opsi untuk mengkalibrasi layar sentuh. Cari opsi ini di pengaturan perangkat anda dan ikuti instruksi yang diberikan untuk mengkalibrasi ulang layar.

 

  1. Cek Konektivitas Hardware

Pastikan tidak ada kerusakan fisik pada layar atau konektor kabel yang menyambungkan layar ke motherboard perangkat anda. Jika anda merasa nyaman melakukannya, periksa apakah semua konektor terpasang dengan baik.

 

Jika anda telah mencoba semua langkah di atas dan masalahnya masih belum terselesaikan, mungkin masalah tersebut lebih serius dan memerlukan bantuan profesional. Anda dapat menghubungi pusat layanan atau teknisi yang terpercaya untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

 

Selalu pastikan untuk mencadangkan data penting anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan saat melakukan perbaikan pada perangkat anda.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda dapat mengatasi sebagian besar masalah layar sentuh pada perangkat Android anda dan kembali menggunakan perangkat anda dengan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *