Wisata  

7 Tempat Wisata Sejarah di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi

Nganjuk, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, tidak hanya kaya akan keindahan alamnya tetapi juga menyimpan beragam situs sejarah yang memikat

7 Tempat Wisata Sejarah di Nganjuk yang Wajib Dikunjungi. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Nganjuk, sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, tidak hanya kaya akan keindahan alamnya tetapi juga menyimpan beragam situs sejarah yang memikat. Berikut ini adalah tujuh tempat wisata sejarah di Nganjuk yang wajib anda kunjungi untuk menambah wawasan serta mengagumi kekayaan budaya dan sejarah Indonesia.

 

  1. Candi Lor

Candi Lor terletak di Desa Loceret, sekitar 12 kilometer dari pusat kota Nganjuk. Candi ini merupakan situs Hindu-Buddha yang berasal dari abad ke-14. Meski ukurannya tidak terlalu besar, Candi Lor menyimpan banyak relief dan arca yang menarik untuk dipelajari. Lokasinya yang tersembunyi membuat candi ini sering terlewatkan oleh wisatawan.

 

  1. Candi Ngetos

Berlokasi di Desa Ngetos, candi ini dikenal sebagai situs peninggalan Kerajaan Majapahit. Candi Ngetos memiliki arsitektur yang unik dengan batu merah sebagai material utamanya. Situs ini dulunya merupakan tempat suci yang digunakan untuk upacara keagamaan. Keindahan arsitektur dan suasana sejarah yang kental membuat Candi Ngetos menjadi destinasi yang menarik.

 

  1. Museum Anjuk Ladang

Museum Anjuk Ladang terletak di pusat Kota Nganjuk. Museum ini menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan Nganjuk, termasuk artefak dari zaman prasejarah hingga masa kolonial. Kunjungan ke museum ini akan memberikan gambaran mengenai latar belakang historis dan evolusi budaya di Nganjuk.

 

  1. Situs Warungboto

Situs Warungboto, yang terletak di Desa Loceret, merupakan bekas peninggalan keraton dari masa Kerajaan Majapahit. Meskipun saat ini kondisinya tidak utuh, situs ini masih menarik untuk dikunjungi karena memberikan gambaran tentang sistem arsitektur dan tata ruang kerajaan di masa lalu.

 

  1. Goa Ronggojalu

Goa Ronggojalu, yang terletak di wilayah Kecamatan Ngetos, adalah gua alam yang dipercaya sebagai tempat pertapaan pada masa lalu. Selain nilai historisnya, gua ini juga menawarkan keindahan stalaktit dan stalagmit yang memukau. Cerita rakyat setempat tentang gua ini menambah nilai mistis dan sejarahnya.

 

  1. Makam Ki Ageng Anom Suroto

Makam ini berada di Desa Sawahan, dan merupakan tempat peristirahatan terakhir Ki Ageng Anom Suroto, seorang tokoh penting dalam sejarah Nganjuk. Ziarah ke makam ini tidak hanya menjadi perjalanan spiritual bagi banyak orang tetapi juga kesempatan untuk mengenal lebih dekat sosok historis tersebut.

 

  1. Petirtaan Penanggal

Terletak di Kecamatan Loceret, Petirtaan Penanggal adalah sebuah situs bersejarah yang diduga kuat sebagai tempat pemandian para bangsawan pada masa Kerajaan Majapahit. Petirtaan ini masih terjaga keasliannya dan menjadi saksi bisu kejayaan dan kehidupan sosial masyarakat pada masa itu.

 

Kunjungan ke tempat-tempat wisata sejarah di Nganjuk akan membawa anda pada perjalanan menarik melintasi lorong waktu, mengungkap cerita-cerita masa lalu yang telah membentuk identitas dan kebudayaan lokal. Jangan lupa untuk selalu menghormati dan menjaga kelestarian situs-situs bersejarah ini agar tetap dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *