Wisata  

Lokasi dan Sejarah Candi Ngetos, Nganjuk

Candi Ngetos merupakan salah satu situs bersejarah yang terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Lokasi dan Sejarah Candi Ngertos, Nganjuk. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Candi Ngetos merupakan salah satu situs bersejarah yang terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia. Situs ini memiliki nilai sejarah dan arkeologi yang penting karena mencerminkan kejayaan masa lampau di Jawa Timur.

 

Lokasi Candi Ngetos

 

Candi Ngetos terletak di Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, Indonesia. Berikut ini penjelasan lebih rinci tentang lokasi candi ini:

 

Koordinat Geografis:

Lintang: 7°41’37.5″S

Bujur: 111°56’48.4″E

 

Aksesibilitas:

Candi Ngetos dapat diakses dengan mudah melalui jalan darat dari pusat kota Nganjuk. Dari pusat kota, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau ojek untuk mencapai lokasi candi.

 

Sejarah Candi Ngetos

 

Candi Ngetos adalah salah satu peninggalan bersejarah yang penting di Jawa Timur, Indonesia. Berikut ini adalah penjelasan secara rinci tentang sejarah candi ini:

 

Pembangunan Candi:

 

Candi Ngetos didirikan pada masa kejayaan Kerajaan Mataram Kuno, diperkirakan pada abad ke-8 atau ke-9 Masehi. Bangunan candi ini merupakan bukti nyata keberadaan agama Hindu-Buddha di wilayah Jawa Timur pada masa lampau. Candi ini dibangun sebagai tempat ibadah dan mungkin juga sebagai tempat pemakaman untuk bangsawan atau tokoh agama pada zamannya.

 

Arsitektur:

 

Candi Ngetos memiliki arsitektur yang khas dengan menggunakan batu andesit sebagai bahan utama pembangunannya. Candi ini terdiri dari bangunan utama (candi induk) dan beberapa candi pendamping (candi perwara). Struktur candi utama memiliki ciri khas atap berbentuk piramida atau tumpukan batu bertingkat, yang merupakan ciri khas arsitektur candi Hindu-Buddha.

 

Pengaruh Agama Hindu-Buddha:

 

Seperti halnya candi-candi Hindu-Buddha lainnya di Indonesia, Candi Ngetos juga mencerminkan pengaruh agama Hindu dan Buddha dalam kehidupan masyarakat pada masa itu. Relief-relief yang terdapat di dinding candi menggambarkan cerita-cerita dari epik Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata, serta ajaran-ajaran Buddha.

 

Penemuan Kembali dan Restorasi:

 

Candi Ngetos ditemukan kembali pada abad ke-19 oleh Belanda selama masa penjajahan. Sejak saat itu, berbagai upaya restorasi dan konservasi telah dilakukan untuk menjaga keaslian dan keutuhan candi ini. Pemerintah dan pihak terkait terus berupaya untuk menjaga serta memperkenalkan situs ini sebagai salah satu warisan budaya Indonesia yang penting.

 

Signifikansi Budaya:

 

Candi Ngetos memiliki nilai sejarah dan kebudayaan yang tinggi bagi masyarakat Indonesia. Selain sebagai peninggalan bersejarah, candi ini juga menjadi saksi bisu dari kejayaan peradaban masa lampau di Jawa Timur. Keberadaannya menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mempelajari dan mengagumi kekayaan budaya Indonesia.

 

Dengan demikian, Candi Ngetos tidak hanya merupakan landmark bersejarah, tetapi juga menjadi simbol keagungan dan kebesaran peradaban Hindu-Buddha di Jawa Timur pada masa lalu.

 

Penemuan dan Penelitian

 

Candi Ngetos ditemukan kembali pada tahun 1980-an dalam kondisi yang cukup terabaikan. Sejak saat itu, berbagai upaya restorasi dan konservasi dilakukan untuk menjaga keaslian serta kelestarian situs ini. Para ahli arkeologi juga melakukan penelitian untuk memahami lebih lanjut tentang sejarah dan kebudayaan yang terkait dengan candi ini.

 

Makna dan Pentingnya

 

Candi Ngetos memiliki makna yang penting dalam konteks sejarah dan budaya Jawa Timur. Selain sebagai peninggalan bersejarah, situs ini juga menjadi saksi bisu dari masa kejayaan peradaban masa lampau di Jawa Timur. Kehadirannya juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dan peneliti yang ingin memahami lebih dalam tentang kekayaan budaya Indonesia.

 

Dengan lokasinya yang memikat dan sejarahnya yang kaya, Candi Ngetos menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang patut dikunjungi bagi siapa pun yang tertarik dengan warisan budaya Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *