News  

Seni Reog Keliling Meriahkan Perayaan Nyadran Lingkungan Jarakan

Dalam rangka Perayaan Bersih Desa Kelurahan Keramat warga Lingkungan Jarakan gelar perayaan Nyadran dengan Seni Reog Keliling

Pagelaran Reog Keliling memerihkan Nyadran Lingkungan Jarakan.Foto:tivi7news.com/Rendi

Nganjuk, tivi7news.com – Dalam rangka Perayaan Bersih Desa atau yang dikenal dengan Nyadran Kelurahan Keramat Kecamatan Nganjuk  warga Lingkungan Jarakan gelar perayaan Nyadran dengan Seni Reog Keliling pada Jumat (17/05/2024).

 

Acara arak-arakan Reog ini dilaksanakan warga Lingkungan Jarakan dalam rangka Nyadran Kelurahan Keramat. Sebelum di arak keliling Linkungan Jarakan diawali dengan pembukaan doa dan selamatan bersih Desa. Kegiatan ini merupakan bentuk rasa syukur warga Kelurahan Jarakan.

 

Setelah doa dan selamatan selesai, acara dilanjutkan dengan pertunjukan seni tari reog yang berkeliling lingkungan jarakan. Penampilan reog, yang merupakan salah satu kesenian tradisional khas jawa timur menjadi daya tarik utama dalam acara ini. Dengan  iringan musik gamelan yang energik dan penampilan atraktif dari para penari yang mengenakan topeng besar berbentuk kepala singa (barongan) serta kostum yang berwarna-warni, pertunjukan ini berhasil memukau seluruh penonton.

 

Setelah pagelaran reog keliling lingkungan Jarakan diadakan pagelaran wayang kulit pada malam harinya.Dengan adanya acara nyadran bersih desa dan pertunjukan tari reog keliling ini, diharapkan nilai- nilai budaya dan tradisi yang ada di kelurahan jarakan, kramat, nganjuk, dapat terus di lestarikan dan diwariskan kepada generasi mendatang.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *