Sport  

Jenis-jenis Servis dalam Permainan Bola Voli

Servis merupakan salah satu aspek penting dalam permainan bola voli yang dapat mempengaruhi jalannya pertandingan secara signifikan

Jenis-jenis Servis dalam Permainan Bola Voli.foto:tivi7news.com/tangkapan layar

NGANJUK, tivi7news.com, -Servis merupakan salah satu aspek penting dalam permainan bola voli yang dapat mempengaruhi jalannya pertandingan secara signifikan. Berikut adalah beberapa jenis servis yang sering digunakan dalam permainan bola voli:

 

1.Servis Overhand (Atas)

 

 

Servis ini dilakukan dengan cara memukul bola dari atas kepala dengan satu tangan yang diikuti dengan gerakan memukul bola dengan telapak tangan. Teknik ini memberikan kelebihan dalam presisi dan kekuatan karena memungkinkan pemain untuk mengontrol arah dan kecepatan bola dengan lebih baik.

 

2.Servis Underhand (Bawah)

 

 

Berbeda dengan servis overhand, servis underhand dilakukan dengan memukul bola dari bawah dengan menggunakan tangan yang berada di bawah bola. Teknik ini umumnya digunakan oleh pemain yang masih dalam tahap belajar atau dalam situasi tertentu yang memerlukan servis yang lebih aman.

 

3.Servis Float

 

 

Servis float adalah jenis servis yang dilakukan dengan memberikan efek rotasi yang minim pada bola, sehingga membuatnya sulit diprediksi oleh pemain lawan. Bola akan bergerak secara tidak teratur dan sulit untuk dikendalikan, membuat lawan kesulitan dalam menghadapinya.

 

4.Servis Topspin

 

 

Servis ini dilakukan dengan memberikan efek rotasi pada bola sehingga membuatnya berputar maju saat terbang. Efek ini membuat bola memiliki lintasan yang lebih stabil dan sulit untuk diprediksi oleh pemain lawan. Servis topspin umumnya memiliki kecepatan yang tinggi dan dapat menimbulkan tekanan yang besar pada tim lawan.

 

5.Servis Jump

 

Servis jump adalah servis yang dilakukan dengan melompat sebelum memukul bola. Teknik ini memungkinkan pemain untuk memberikan kekuatan ekstra pada servis mereka dengan memanfaatkan momentum tubuh yang dihasilkan dari lompatan. Servis jump sering digunakan oleh pemain yang memiliki kekuatan servis yang besar.

 

6.Servis Penjuru (Corner)

 

Servis ini dilakukan dari sudut lapangan yang ekstrem, baik dari sisi kiri atau kanan. Teknik ini bertujuan untuk membuat lawan kesulitan dalam menerima bola dan mengatur serangan mereka. Servis dari sudut lapangan juga dapat menciptakan celah di pertahanan lawan.

 

7.Servis Drop

 

Servis drop dilakukan dengan memberikan efek rotasi yang membuat bola terjun bebas menuju lapangan lawan setelah melewati net. Teknik ini bertujuan untuk mengecoh pemain lawan yang telah maju ke depan untuk menerima servis, sehingga mereka harus berlari kembali untuk mengambil bola yang terjun bebas.

 

Setiap jenis servis memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing, dan pemain sering kali memilih jenis servis yang sesuai dengan keahlian dan strategi tim mereka. Dengan menguasai berbagai jenis servis, tim dapat meningkatkan kemungkinan mereka untuk meraih kemenangan dalam pertandingan bola voli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *