Mengatasi Air Keran Kotor, Penyebab dan Cara Menjernihkannya

Air keran yang kotor dapat menjadi masalah yang menjengkelkan di rumah. Ketika air keluar dari keran dengan warna yang keruh atau bau yang tidak sedap

Mengatasi Air Keran Kotor, Penyebab dan Cara Menjernihkannya.Foto:tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Air keran yang kotor dapat menjadi masalah yang menjengkelkan di rumah. Ketika air keluar dari keran dengan warna yang keruh atau bau yang tidak sedap, itu bisa mengganggu kenyamanan sehari-hari dan menimbulkan kekhawatiran tentang kebersihan air yang dikonsumsi. Ada beberapa penyebab umum air keran yang kotor, serta beberapa langkah yang dapat diambil untuk membersihkannya dan menjaga kebersihan air di rumah anda.

 

Penyebab Air Keran Kotor:

 

  1. Sedimen dan Lumpur: Salah satu penyebab utama air keran yang kotor adalah adanya sedimen dan lumpur dalam sistem pipa air. Sedimen ini dapat terakumulasi dari air baku yang tidak terfilter dengan baik atau dari pipa yang sudah tua dan berkarat.

 

  1. Korosi Pipa: Korosi pada pipa dapat menyebabkan partikel logam larut dalam air, yang bisa memberikan warna atau rasa yang tidak sedap pada air keran.

 

  1. Kandungan Mineral Tinggi: Air yang mengandung tingkat mineral yang tinggi, seperti kalsium atau magnesium, dapat menyebabkan air terlihat keruh atau meninggalkan endapan pada permukaan.

 

  1. Kontaminasi Eksternal: Pencemaran dari faktor eksternal seperti tanah, debu, atau bahan kimia dapat masuk ke dalam sistem pipa air dan menyebabkan air menjadi kotor.

 

Cara Menjernihkan Air Keran:

 

  1. Filter Air: Pemasangan filter air di keran atau di sistem penyaringan air utama dapat membantu menghilangkan banyak partikel yang menyebabkan air menjadi kotor.

 

  1. Bersihkan Keran dan Pipa: Periksa keran dan pipa secara teratur untuk memastikan tidak ada penumpukan kotoran atau korosi. Bersihkan secara teratur dengan menggunakan cuka atau larutan pembersih pipa yang disetujui.

 

  1. Penggunaan Karbon Aktif: Menggunakan karbon aktif dalam sistem penyaringan air dapat membantu menghilangkan bau dan rasa yang tidak sedap dari air.

 

  1. Menggunakan Larutan Pembersih: Untuk membersihkan endapan mineral pada keran atau permukaan pipa, gunakan larutan pembersih yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

 

  1. Panggilan Profesional: Jika masalah air keran yang kotor persisten dan tidak dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas, pertimbangkan untuk memanggil seorang profesional untuk mengevaluasi sistem pipa air di rumah anda.

 

 

Air keran yang kotor dapat menjadi masalah yang mengganggu, tetapi dengan pemeliharaan yang tepat dan tindakan pencegahan yang sesuai, anda dapat menjaga kualitas air di rumah anda tetap bersih dan aman untuk digunakan. Selalu perhatikan tanda-tanda air yang tidak normal dan segera ambil langkah-langkah untuk mengatasinya guna memastikan kenyamanan dan kesehatan keluarga anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *