Gerhana Matahari Total Sebelum Lebaran 2024, Ini Informasi dan Lokasi Penting!

Fenomena gerhana matahari selalu menarik banyak perhatian. Tahun 2024 akan menyuguhkan dua gerhana matahari yang patut dinantikan

Gerhana Matahari Total Sebelum Lebaran 2024.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, -Fenomena gerhana matahari selalu menarik banyak perhatian. Tahun 2024 akan menyuguhkan dua gerhana matahari yang patut dinantikan. Gerhana matahari total akan terjadi sebelum Lebaran 2024, sementara gerhana matahari cincin diantisipasi akan muncul menjelang akhir tahun.

 

Menurut laman Bosscha ITB, gerhana matahari adalah hasil dari bulan yang berada di antara bumi dan matahari, menciptakan bayangan bulan pada sebagian permukaan bumi. Salah satu jenis gerhana yang paling menarik adalah gerhana matahari total, yang akan kita saksikan dalam waktu dekat.

 

Jadwal dan Lokasi Gerhana Matahari Total 2024

 

Gerhana matahari total dijadwalkan akan terjadi sebelum Lebaran 2024, tepatnya pada Senin, 8 April 2024, menurut laporan dari NASA. Sayangnya, fenomena ini hanya dapat disaksikan di wilayah-wilayah tertentu.

 

Wilayah yang akan dilintasi oleh gerhana matahari total tahun ini terutama terletak di Amerika Utara, termasuk Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko. Beberapa kota di antaranya adalah Texas, Arkansas, Missouri, Illinois, Indiana, Kentucky, Ohio, Pennsylvania, New York, New Hampshire, dan Maine. Gerhana akan menyebabkan wilayah-wilayah ini gelap selama beberapa menit.

 

Fakta Menarik tentang Gerhana Matahari Total

 

NASA mengungkapkan bahwa gerhana matahari total tahun ini akan berlangsung lebih lama daripada yang terjadi pada tahun 2017. Pada tahun tersebut, sekitar 215 juta orang dewasa di Amerika Serikat menyaksikan fenomena tersebut. Gerhana matahari pada tahun 2017 memiliki jalur yang sedikit lebih tipis dengan lebar berkisar antara 62 hingga 71 mil (99,8 sampai 114,3 km) karena posisi bulan yang sedikit lebih jauh dari Bumi.

 

Gerhana matahari total tahun 2024 diprediksi akan menjadi lebih menarik karena perbedaan signifikan dalam jalur, waktu, dan potensi penelitian dibandingkan dengan gerhana sebelumnya. Jalur totalitasnya juga diproyeksikan akan lebih lebar daripada gerhana tahun 2017, dengan lebar antara 108 hingga 122 mil (sekitar 173,8-196,3 km) di Amerika Utara.

 

Sayangnya, untuk penggemar astronomi di Indonesia, gerhana matahari total tahun 2024 tidak akan melintasi wilayah negara ini. Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Farahhati Mumtahana, menyatakan bahwa meskipun demikian, fenomena ini dapat menjadi pertimbangan untuk merencanakan wisata atau ekspedisi mengejar gerhana di lokasi lain. Terakhir kali gerhana matahari total melintasi wilayah Indonesia adalah pada 9 Maret 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *