10 Jajanan Tradisional Khas Jawa Timur Yang Wajib Kalian Coba

Jawa Timur, sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi, juga terkenal dengan aneka ragam kuliner ringannya yang unik dan lezat

10 Jajanan Tradisional Khas Jawa Timur Yang Wajib Kalian Coba.Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Jawa Timur, sebuah provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi, juga terkenal dengan aneka ragam kuliner ringannya yang unik dan lezat. Kuliner ringan khas Jawa Timur tidak hanya cocok dijadikan camilan di waktu luang, tetapi juga bisa menjadi oleh-oleh khas yang menarik. Berikut ini adalah beberapa kuliner ringan khas Jawa Timur yang wajib anda coba.

 

  1. Keripik Tempe Sanan

 

Keripik tempe Sanan adalah camilan khas dari Kota Malang. Dibuat dari tempe yang diiris tipis kemudian digoreng kering, keripik tempe ini memiliki rasa yang gurih dan renyah. Keripik tempe Sanan sering kali dibumbui dengan aneka rasa, seperti pedas, balado, hingga keju.

 

  1. Pia Mangkok

 

Meski namanya pia, bentuknya mirip mangkok kecil. Pia Mangkok biasanya memiliki isi yang bervariasi, mulai dari kacang hijau, coklat, hingga keju. Teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang pas membuat Pia Mangkok disukai banyak orang.

 

  1. Sempol Ayam

 

Sempol adalah camilan khas Jawa Timur yang terbuat dari adonan daging ayam giling yang dicampur dengan tepung tapioka, kemudian ditusuk seperti sate dan digoreng. Sempol biasanya disajikan dengan saus atau bumbu kacang.

 

  1. Kripik Pisang Agung Lumajang

 

Keripik pisang dari Lumajang ini terkenal akan teksturnya yang renyah dan rasa manis alami dari pisang Agung yang digunakan. Keripik pisang ini menjadi camilan ringan yang cocok untuk menemani waktu santai.

 

  1. Clorot

 

Clorot merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras ketan dan gula merah, kemudian dimasak dalam bambu. Clorot memiliki rasa manis dan aroma daun pandan yang khas, menjadikannya camilan tradisional yang lezat.

 

  1. Ledre

 

Ledre khas Bojonegoro ini adalah camilan yang terbuat dari adonan tepung beras yang dicampur dengan pisang, kemudian digoreng. Ledre memiliki tekstur yang lembut dengan rasa manis dan aroma pisang yang khas.

 

  1. Surabi

 

Berbeda dengan serabi di daerah lain, Surabi Jawa Timur memiliki variasi rasa dan topping yang lebih beragam, mulai dari oncom, keju, coklat, hingga durian. Teksturnya yang lembut di dalam dan sedikit renyah di luar membuat Surabi selalu dicari.

 

  1. Getuk Lindri

 

Getuk Lindri adalah camilan tradisional yang terbuat dari singkong yang dihaluskan, kemudian diberi gula dan pewarna makanan. Getuk Lindri biasanya disajikan dengan parutan kelapa, menambahkan rasa gurih pada camilan manis ini.

 

  1. Bakpao Telur Asin

 

Bakpao khas Jawa Timur ini menawarkan isi yang unik, yaitu telur asin. Perpaduan rasa manis dari adonan bakpao dengan gurihnya telur asin menjadikan camilan ini memiliki cita rasa yang khas dan menggugah selera.

 

  1. Tahu Campur

 

Meskipun lebih dikenal sebagai makanan berat, tahu campur dalam porsi kecil bisa dijadikan kuliner ringan yang lezat. Tahu campur khas Jawa Timur menggabungkan tahu goreng, lontong, sayuran, dan siraman kuah petis yang kaya rasa.

 

Kuliner ringan Jawa Timur menawarkan keanekaragaman rasa yang khas dan menarik untuk dicoba. Baik sebagai camilan di kala santai atau sebagai oleh-oleh khas, kuliner ringan ini menjadi bukti kekayaan budaya dan tradisi kuliner Jawa Timur.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *