News  

Protes Warga Nganjuk, Desakan Penutupan Pabrik Pengolahan Bulu Ayam

Ratusan warga di Nganjuk mengepung sebuah pabrik pengolahan bulu ayam dalam aksi demonstrasi

Protes Warga Desakan Penutupan Pabrik Pengolahan Bulu Ayam.Foto:tivi7news.com/ilustrasi

Nganjuk, tivi7news.com – Ratusan warga di Nganjuk mengepung sebuah pabrik pengolahan bulu ayam dalam aksi demonstrasi. Aksi tersebut dipicu oleh ketidakpuasan warga selama dua tahun terhadap keluhan yang diabaikan oleh pihak pabrik, Selasa (12/03/2024).

 

Pabrik pengolahan bulu ayam yang dimiliki oleh CV Maharani menjadi sasaran protes warga, karena setiap kali beroperasi, pabrik tersebut mengeluarkan bau yang menyengat dan mengganggu pernapasan warga sekitar, pabrik tersebut berada di Desa Jaan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Nganjuk. Warga merasa kesal karena pihak pabrik sebelumnya menghambat upaya mediasi dengan warga.

 

Ratusan warga berusaha menembus pintu pagar depan pabrik agar semua warga dapat masuk ke dalam dan menyampaikan tuntutannya.

 

Suratman salah satu perwakilan warga menyatakan bahwa mereka menuntut penutupan pengolahan bulu ayam yang dilakukan oleh CV Maharani karena aroma yang menyengat tersebut mengganggu pernapasan setiap hari, dan banyak warga di sekitar pabrik mengalami gejala mual.

 

“Warga minta untuk bertemu dengan pihak pengelola pabrik,namun mendapat¬† dari pihak perlawanan pabrik, sehingga warga kesulitan untuk bisa masuk ke dalam pabrik,” ujarnya.

 

Suratman juga mengatakan demonstrasi ini dilakukan karena warga telah beberapa kali menegur pihak pabrik sejak tahun 2022 untuk menghentikan pengolahan bulu ayam, namun teguran tersebut belum dipenuhi.

 

“Warga melakukan demo sejak Senin malam hingga berakhir Selasa dini hari, warga membubarkan diri setelah ada kesepakatan warga dengan pihak pabrik, untuk mempertemukan perwakilan warga dengan pihak pusat di Jakarta,” pungkas Suratman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *