News  

Pj Bupati Nganjuk Hadiri Upacara HUT ke-105 Pemadam Kebakaran, Pentingnya Dijadikan Dinas Mandiri

Pj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menghadiri upacara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Lapangan Kodam V Brawijaya

Pj Bupati Nganjuk Hadiri Upacara HUT ke-105 Pemadam Kebakaran, Pentingnya Dijadikan Dinas Mandiri

Nganjuk, tivi7news.comPj Bupati Nganjuk, Sri Handoko Taruna, menghadiri upacara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Lapangan Kodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat (1/3/2024). Acara tersebut dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Jenderal Polisi (Purn.) Muhammad Tito Karnavian, yang juga dikenal sebagai Tito Karnavian.

 

Dalam pidatonya, Tito Karnavian menegaskan pentingnya membuat Nomenklatur Pemadam Kebakaran sebagai dinas tersendiri. “Berdasarkan PP No. 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, disebutkan bahwa penyelenggara Damkar harus menjadi dinas daerah provinsi dan dinas daerah kabupaten/kota yang mengurusi sub urusan kebakaran. Oleh karena itu, saya mengharapkan kepada seluruh gubernur, bupati, dan walikota untuk memisahkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan sebagai dinas yang independen dan tidak digabungkan dengan urusan pemerintahan lainnya,” katanya.

 

Di Kabupaten Nganjuk, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) telah berdiri secara independen sejak 11 Januari 2022, setelah sebelumnya menjadi bagian dari Satpol PP. Upacara tersebut berjalan lancar dan dihadiri oleh seluruh Kepala Damkar Mandiri dari seluruh Indonesia, Dirjen Kemendagri, kabupaten/kota di Jawa Timur, serta Forkopimda Kota Surabaya dan Jawa Timur, dengan total peserta kurang lebih 1.050 orang. Pj Bupati Nganjuk, didampingi oleh Kepala DPKP Kabupaten Nganjuk, Sujito, turut hadir dalam acara tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *