Panduan Praktis, Cara Membersihkan Telinga yang Benar Menurut Para Medis

elinga merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kebersihannya. Membersihkan telinga dengan benar adalah langkah penting untuk mencegah masalah kesehatan seperti infeksi telinga dan penumpukan kotoran yang berlebihan

Cara Membersihkan Telinga yang Benar Menurut Para Medis. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

Nganjuk, tivi7news.com – Telinga merupakan salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perhatian khusus dalam menjaga kebersihannya. Membersihkan telinga dengan benar adalah langkah penting untuk mencegah masalah kesehatan seperti infeksi telinga dan penumpukan kotoran yang berlebihan. Berikut adalah panduan praktis tentang cara membersihkan telinga yang benar menurut para medis:

 

  1. Jangan Gunakan Cotton Bud (Bulu Kapas) di Dalam Telinga

 

Salah satu kesalahan umum yang dilakukan orang ketika membersihkan telinga adalah menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga. Para medis menyarankan untuk menghindari penggunaan cotton bud di dalam telinga karena dapat mendorong kotoran lebih dalam, menyebabkan iritasi, atau bahkan merusak gendang telinga.

 

  1. Gunakan Cairan Pembersih Telinga Secara Aman

 

Untuk membersihkan telinga, Anda dapat menggunakan cairan pembersih telinga yang tersedia di apotek. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan cermat. Biasanya, Anda hanya perlu meneteskan beberapa tetes cairan pembersih ke dalam telinga dan membiarkannya selama beberapa menit untuk melunakkan kotoran sebelum dibilas.

 

  1. Bilas Telinga dengan Air Hangat

 

Setelah menggunakan cairan pembersih telinga, bilas telinga dengan air hangat. Anda bisa menggunakan irigasi telinga atau menyiram telinga dengan lembut menggunakan semprotan air hangat. Pastikan air yang digunakan bersih dan tidak terlalu panas.

 

  1. Gunakan Kapas atau Kain yang Bersih

 

Setelah membersihkan telinga dengan air hangat, gunakan kapas atau kain bersih untuk mengeringkan telinga secara perlahan. Hindari menggunakan benda yang dapat mendorong kotoran lebih dalam, seperti cotton bud.

 

  1. Hindari Penggunaan Benda Tumpul atau Tajam

 

Selain cotton bud, hindari menggunakan benda tumpul atau tajam seperti jepit atau tusuk gigi untuk membersihkan telinga. Penggunaan benda-benda tersebut dapat melukai telinga dan meningkatkan risiko infeksi.

 

  1. Jangan Membersihkan Telinga Terlalu Sering

 

Telinga memiliki mekanisme alami untuk membersihkan dirinya sendiri, seperti gerakan rahasia dan produksi lilin telinga. Membersihkan telinga terlalu sering dapat mengganggu mekanisme alami ini dan menyebabkan iritasi atau kerusakan pada telinga.

 

  1. Konsultasikan dengan Dokter jika Mengalami Masalah

 

Jika Anda mengalami masalah seperti penumpukan kotoran telinga yang berlebihan, rasa sakit, atau gangguan pendengaran, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan telinga dan memberikan perawatan yang sesuai sesuai dengan kondisi Anda.

 

Demikianlah panduan praktis tentang cara membersihkan telinga yang benar menurut para medis. Ingatlah untuk selalu memperhatikan kebersihan telinga secara rutin dan konsultasikan dengan dokter jika mengalami masalah kesehatan pada telinga.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *