Sport  

Panduan Peraturan dan Teknik Servis dalam Bola Voli

Bola voli merupakan salah satu permainan tim yang paling populer, di mana dua tim, masing-masing terdiri dari enam pemain, berusaha untuk mencetak poin dengan memukul bola ke lantai di sisi lapangan lawan

Panduan Peraturan dan Teknik Servis dalam Bola Voli. Foto : tivi7news.com/ilustrasi

NGANJUK, tivi7news.com, – Bola voli merupakan salah satu permainan tim yang paling populer, di mana dua tim, masing-masing terdiri dari enam pemain, berusaha untuk mencetak poin dengan memukul bola ke lantai di sisi lapangan lawan. Salah satu elemen kunci dalam bola voli adalah servis, atau pukulan awal yang memulai permainan atau poin. Servis yang baik tidak hanya dapat memulai permainan tetapi juga dapat menjadi senjata yang efektif untuk memperoleh poin. Dalam artikel ini, kita akan mengulas peraturan dan teknik servis dalam bola voli.

 

Peraturan Servis Bola Voli

 

Federasi Bola Voli Internasional (FIVB) menetapkan peraturan-peraturan yang mengatur servis dalam bola voli, yang harus dipatuhi oleh semua pemain. Berikut adalah beberapa peraturan utama:

 

  1. Posisi Servis: Saat melakukan servis, pemain harus berada di belakang garis belakang lapangan, tetapi boleh memasuki lapangan setelah melakukan servis.
  2. Pelaksanaan Servis: Servis harus dilakukan dalam waktu 8 detik setelah wasit memberi isyarat untuk servis.
  3. Sentuhan Tunggal: Bola harus dipukul dengan satu sentuhan tangan atau lengan, tanpa adanya bantuan anggota tubuh lainnya.
  4. Kesalahan Servis: Servis dianggap gagal jika bola menyentuh net dan tidak melintasi ke sisi lawan, keluar dari batas lapangan, atau pemain melakukan kesalahan langkah atau posisi.
  5. Rotasi Servis: Setiap anggota tim harus melakukan servis secara bergiliran, mengikuti urutan rotasi yang telah ditentukan.

 

Teknik Servis dalam Bola Voli

 

  1. Servis Atas (Overhand Serve)

 

Servis atas adalah teknik yang banyak digunakan pemain dengan tingkat kemahiran yang berbeda. Teknik ini melibatkan pemain mengangkat bola dengan satu tangan dan memukulnya dengan tangan lainnya dari atas kepala. Teknik ini memungkinkan pemain untuk memberikan kekuatan dan arah yang lebih presisi pada bola.

 

  1. Servis Bawah (Underhand Serve)

 

Servis bawah adalah teknik yang cocok untuk pemula. Dalam teknik ini, pemain memegang bola di satu tangan dan memukulnya dengan tangan lainnya dari bawah. Servis ini lebih mudah untuk dikontrol tetapi kurang kuat dibandingkan dengan servis atas.

 

  1. Servis Jump Serve

 

Jump serve adalah teknik servis yang paling agresif dan membutuhkan keterampilan yang tinggi. Pemain akan melakukan lompatan, kemudian memukul bola dengan kuat saat berada di udara. Teknik ini menghasilkan servis yang cepat dan sulit untuk dibendung, tetapi juga memiliki risiko kesalahan yang lebih tinggi.

 

  1. Servis Float

 

Servis float dilakukan dengan cara yang mirip dengan servis atas, tetapi pemain akan memukul bola dengan cara yang membuatnya bergerak mengambang dan sulit diprediksi arahnya. Teknik ini efektif untuk membingungkan lawan.

 

Menguasai teknik servis dalam bola voli membutuhkan latihan yang konsisten dan pemahaman yang baik tentang peraturan yang berlaku. Dengan mempelajari dan menerapkan teknik servis yang tepat, pemain dapat meningkatkan kemampuan servis mereka dan memberikan kontribusi yang signifikan untuk tim mereka. Ingatlah untuk selalu berlatih dalam berbagai kondisi dan melawan berbagai lawan untuk mengasah kemampuan servismu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *