Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis: Tips dan Trik Efektif

Menangis adalah respons alami tubuh terhadap berbagai emosi, seperti kesedihan, kegembiraan, atau bahkan stres

Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis. Foto : tivi7news.com/Rendi

Nganjuk, tivi7news.com – Menangis adalah respons alami tubuh terhadap berbagai emosi, seperti kesedihan, kegembiraan, atau bahkan stres. Meskipun melepaskan emosi dapat menjadi pengalaman cathartic, tetapi efek mata sembab yang menyertainya kadang-kadang bisa menjadi hal yang kurang menyenangkan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu mengurangi mata sembab setelah menangis:

 1. Kompres Dingin:

   Setelah menangis, tempelkan kompres dingin pada mata anda. Es batu yang dibungkus dengan handuk tipis atau kantung es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan kemerahan di sekitar mata.

 2. Istirahat Mata:

   Berikan mata anda istirahat yang cukup. Hindari aktivitas yang terlalu berat pada mata, seperti menatap layar komputer atau gadget, agar mata memiliki waktu untuk pulih.

 3. Kedipkan Mata Secara Teratur:

   Kedipkan mata anda secara teratur untuk menjaga kelembapan mata. Ini dapat membantu mengurangi sensasi kering dan kelelahan di sekitar mata.

 4. Gunakan Tetes Mata:

   Gunakan tetes mata yang dirancang khusus untuk melembapkan mata. Ini dapat membantu mengurangi rasa kering dan memberikan kenyamanan.

 5. Minum Air Secukupnya:

   Pastikan anda tetap terhidrasi dengan cukup air. Minum air dapat membantu menjaga kelembapan tubuh, termasuk mata.

 6. Gunakan Maskara Anti-Air Mata:

   Jika anda menggunakan maskara, pilih yang tahan air untuk menghindari luntur ketika menangis. Ini dapat membantu mencegah iritasi mata yang lebih lanjut.

 7. Hindari Menggosok Mata:

   Meskipun tergoda untuk menggosok mata, hindari melakukannya. Ini dapat memperburuk iritasi dan meningkatkan pembengkakan.

 8. Cukup Tidur:

   Pastikan anda mendapatkan cukup tidur. Kurang tidur dapat meningkatkan kemungkinan mata sembab dan memperburuk kondisi mata.

 9. Gunakan Kacamata Hitam:

   Jika perlu, gunakan kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari langsung. Ini tidak hanya dapat membantu mengurangi mata sembab tetapi juga melindungi mata dari paparan sinar UV.

 10. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi:

    Perhatikan pola makan anda. Konsumsi makanan berserat tinggi dapat membantu mengurangi retensi air dan pembengkakan di sekitar mata.

Dengan mengikuti tips ini, anda dapat membantu meredakan mata sembab setelah menangis dan menjaga kesehatan mata anda secara keseluruhan. Ingatlah bahwa kesehatan mata adalah aspek penting dari kesejahteraan keseluruhan tubuh kita. (Lila_ )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *