Manfaat Luar Biasa Senam Wajah untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Senam wajah adalah kegiatan yang mungkin terdengar tidak lazim, namun memiliki dampak positif yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Senam Wajah untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit. Foto : tivi7news/Illustrasi

Nganjuk, tivi7news.com – Senam wajah adalah kegiatan yang mungkin terdengar tidak lazim, namun memiliki dampak positif yang luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Senam wajah bukan hanya sekadar latihan fisik, tetapi juga melibatkan gerakan khusus yang dirancang untuk memperkuat otot-otot wajah dan meningkatkan sirkulasi darah. Berikut adalah beberapa manfaat dari senam wajah:

 1. Mengurangi Tanda Penuaan

Senam wajah membantu mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah. Dengan melibatkan otot-otot wajah secara teratur, senam wajah dapat meningkatkan kekenyalan kulit dan merangsang produksi kolagen, yang dikenal sebagai protein pembentuk kulit.

 2. Peningkatan Aliran Darah dan Nutrisi

Gerakan dalam senam wajah membantu meningkatkan aliran darah ke wajah, yang berarti lebih banyak oksigen dan nutrisi dapat mencapai sel-sel kulit. Ini dapat memberikan kulit penampilan yang lebih segar dan bersinar.

 3. Mengencangkan Otot Wajah

Seperti halnya senam untuk tubuh, senam wajah membantu mengencangkan dan memperkuat otot-otot wajah. Ini dapat mengurangi kelelahan otot wajah dan memberikan bentuk wajah yang lebih terdefinisi.

 4. Mengurangi Ketegangan

Senam wajah tidak hanya bermanfaat untuk penampilan fisik, tetapi juga dapat membantu mengurangi ketegangan pada otot-otot wajah.

 5. Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Aktivitas fisik, termasuk senam wajah, telah terbukti meningkatkan produksi endorfin yang dapat meningkatkan mood dan kecerdasan emosional.

 6. Tanpa Efek Samping Negatif

Senam wajah adalah metode alami tanpa efek samping negatif yang umumnya terkait dengan prosedur kosmetik.

Tata Cara Senam Wajah

 1. Persiapkan Wajah

Mulailah dengan membersihkan wajah Anda untuk menghilangkan kotoran dan makeup. Pastikan wajah dalam keadaan segar sebelum memulai senam.

 2. Pemanasan Ringan

Lakukan gerakan pemanasan ringan untuk meningkatkan aliran darah ke wajah. Peregangan lembut dapat membantu mencegah cedera dan mempersiapkan otot-otot untuk senam.

 3. Gerakan Pengencangan Pipi

Mulailah dengan mengencangkan otot-otot pipi. Senyum lebar dan angkat pipi ke atas sambil mengepalkan tangan kecil di bawah dagu. Tahan posisi ini selama beberapa detik sebelum melepaskannya.

 4. Senam Mata dan Dahi

Tekuk dua jari dan letakkan di atas alis. Gerakkan jari-jari tersebut ke atas sambil mengangkat alis sejajar dengan gerakan mata. Ini membantu mengurangi garis-garis di area dahi dan sekitar mata.

 5. Gerakan Leher dan Rahang

Putar leher secara perlahan ke kanan dan kiri untuk merilekskan otot leher. Selanjutnya, tahan dagu ke bawah dan rasakan regangan di leher dan rahang.

 6. Gerakan Lidah dan Mulut

Ucapkan vokal A, E, I, O, U secara berulang untuk melibatkan otot-otot sekitar mulut dan bibir. Gerakan ini membantu mengurangi kekakuan di sekitar area mulut.

 7. Senam Wajah dengan Bola Kecil

Gunakan bola kecil dan letakkan di bawah dagu. Tekan dagu ke bola dengan lembut, lalu lepaskan. Ini membantu mengencangkan otot-otot di sekitar rahang dan leher.

 8. Relaksasi Akhir

Selesaikan sesi senam wajah dengan teknik relaksasi. Tutup mata, tarik napas dalam-dalam, dan hembuskan napas perlahan. Rasakan ketenangan dan relaksasi.

 9. Lakukan Secara Teratur

Agar hasilnya maksimal, lakukan senam wajah ini secara teratur. Dedikasikan beberapa menit setiap hari untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah Anda. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menjadikan senam wajah sebagai bagian rutin perawatan kulit Anda. Senam wajah tidak hanya memberikan manfaat fisik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *