8 Tips Konsumsi Mie Instan Agar Lebih Sehat

Mi instan sering menjadi pilihan saat lapar karena rasanya yang gurih dan cara pembuatannya yang cepat.

Tips Konsumsi Mie Instan Agar Lebih Sehat.Foto:tivi7news.com/ilustrasi

Nganjuk, tivi7news.com– Mi instan sering menjadi pilihan saat lapar karena rasanya yang gurih dan cara pembuatannya yang cepat. Namun, meskipun lezat, konsumsi mi instan secara berlebihan dapat berdampak buruk pada kesehatan.

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk membuat mi instan lebih sehat:

 

  1. Kurangi Bumbu

Mi instan sering mengandung natrium tinggi yang dapat meningkatkan risiko hipertensi. Hindari masukkan semua bumbu dan coba tambahkan penyedap alami seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, atau cabai.

 

  1. Tambahkan Sayur

Untuk mengurangi kalori dan menambah nutrisi, tambahkan sayuran seperti sawi, tomat, wortel, timun, dan buncis ke dalam mi instan Anda.

 

  1. Tambahkan Protein

Agar lebih seimbang, tambahkan protein seperti telur rebus, telur goreng, atau daging tanpa lemak ke dalam mi instan Anda.

 

  1. Hindari Merebus dengan Plastik

Merebus mi instan dengan bungkusnya dapat mengakibatkan zat kimia dari plastik masuk ke dalam makanan. Keluarkan mi dari bungkus sebelum merebus.

 

  1. Batasi Konsumsi

Konsumsi mi instan secara berlebihan dapat meningkatkan asupan kalori. Batasi konsumsi mi instan dan hindari makan mi instan bersamaan dengan nasi.

 

  1. Atasi Konsumsi Berlebih

Meski telah diperbaiki dengan tambahan sayuran dan protein, hindari mengonsumsi mi instan secara berlebihan. Batasi konsumsi maksimal satu bungkus per minggu.

 

  1. Hindari Konsumsi Tengah Malam

Makan mi instan tengah malam dapat meningkatkan risiko peningkatan berat badan karena tubuh cenderung lambat mencerna makanan saat malam hari.

 

  1. Perhatikan Tanggal Kadaluwarsa

Pastikan untuk memeriksa tanggal kedaluwarsa mi instan sebelum memasaknya untuk memastikan kesegarannya.

 

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat membuat mi instan lebih sehat dan mengurangi dampak buruknya pada kesehatan. Tetaplah membatasi konsumsi mi instan untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *