Doa Penahan Lapar dan Haus saat Puasa Ramadhan dan Tips agar Puasa Lancar

Doa Penahan Lapar dan Haus saat Puasa Bulan Ramadan Tips agar Puasa Lancar. Foto : tivi7news.com/ilustrasi
banner 468x60

NGANJUK, tivi7news.com, -Puasa Ramadan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang meningkatkan ketaqwaan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa dan ibadah. Salah satu doa yang dapat membantu menahan lapar dan haus serta memperkuat spiritualitas selama bulan suci Ramadan adalah sebagai berikut

 

Bacaan Lainnya
banner 300x250

Doa Penahan Lapar dan Haus:

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ وَالشَّرِّ فِي هَذَا الشَّهْرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِيهِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِينِي وَدُنْيَايَ وَأَهْلِي وَمَالِي، اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِي وَآمِنْ رَوْعَاتِي، اللَّهُمَّ احْفَظْنِي مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ وَمِنْ خَلْفِي وَعَنْ يَمِينِي وَعَنْ شِمَالِي وَمِنْ فَوْقِي، وَأَعُوذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِي

 

Latin:

 

Allahumma inni as-aluka min al-khairi wa al-sharri fi hadha al-shahri, wa a’udhu bika min sharri ma fihi wa sharri ma ba’dahu, Allahumma inni as-aluka al-‘afwa wa al-‘afiyata fi deeni wa dunyaya wa ahli wa mali, Allahumma ustur ‘awratii wa amin raw’ati, Allahumma ihfazni min bayni yadayya wa min khalfi wa ‘an yameeni wa ‘an shimali wa min fawqi, wa a’udhu bi ‘azhamatika an ughtala min

 

Artinya:

 

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan yang ada pada bulan ini, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang ada pada bulan ini dan keburukan yang ada sesudahnya. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ampunan dan keselamatan dalam agamaku, dunia dan keluargaku. Ya Allah, tutupilah aib-aibku dan jauhkanlah aku dari ketakutan. Ya Allah, peliharalah aku dari depan, dari belakang, dari kanan, dari kiri dan dari atas. Dan aku berlindung dengan kebesaran-Mu agar aku tidak dihinggapi dari bawahku.” (HR. Abu Daud)

 

Doa ini mengandung makna yang mendalam dan memohon perlindungan serta keberkahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadan. Selain berdoa, ada beberapa tips yang dapat membantu agar puasa berjalan lancar:

 

Tips agar Puasa Lancar:

 

  1. Sahur yang Sehat

 

Pastikan untuk makan sahur dengan makanan yang bergizi dan seimbang agar memberikan energi yang cukup sepanjang hari.

 

  1. Pengaturan Pola Makan

 

Hindari makanan yang mengandung gula dan lemak berlebihan yang dapat membuat cepat lapar. Pilihlah makanan yang bisa membuat kenyang lebih lama.

 

  1. Hindari Aktivitas Berat

 

Jaga agar aktivitas fisik tetap ringan dan hindari aktivitas yang membutuhkan banyak tenaga.

 

  1. Minum Air yang Cukup

 

Pastikan untuk minum air yang cukup saat sahur dan berbuka agar tubuh tetap terhidrasi.

 

  1. Jaga Niat dan Khusyu dalam Ibadah

 

Pertahankan niat dan khusyu dalam menjalankan ibadah puasa serta perbanyaklah ibadah, seperti shalat, baca Quran, dan berzikir.

 

Dengan memperkuat spiritualitas dan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar dan penuh keberkahan. Semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT dan menjadi ladang amal yang membawa kita lebih dekat kepada-Nya. Amin.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *