Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat

Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat. Foto: Tivi7news/ilustrasi.
banner 468x60

Nganjuk, tivi7news.com- Sholat Witir adalah salah satu sholat sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan pada malam hari setelah sholat Isya. Sholat ini bisa dilakukan dalam jumlah rakaat yang ganjil, seperti satu, tiga, lima, tujuh, sembilan, atau sebelas rakaat. Salah satu cara yang paling sering dilakukan adalah sholat witir satu rakaat. Berikut adalah tata cara sholat witir satu rakaat dengan jelas dan benar:

Tata Cara Sholat Witir 1 Rakaat

Bacaan Lainnya
banner 300x250

1. Niat
Niat merupakan hal pertama yang harus dilakukan sebelum memulai sholat. Niat dilakukan dalam hati, cukup dengan menyengaja dalam hati bahwa kita akan melaksanakan sholat witir satu rakaat karena Allah SWT.
Contoh niat dalam bahasa Arab: “Ushalli sunnatan min al-witri rak’atan lillahi ta’ala.”

2. Takbiratul Ihram
Setelah niat, angkat kedua tangan sejajar dengan telinga dan ucapkan “Allahu Akbar.” Ini menandai awal sholat.

3. Membaca Doa Iftitah
Setelah takbiratul ihram, disunnahkan untuk membaca doa iftitah. Contoh doa iftitah: “Subhanakallahumma wa bihamdika watabarakasmuka wata’ala jadduka wa la ilaha ghairuk.”

4. Membaca Al-Fatihah
Setelah doa iftitah, lanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah dengan tartil (perlahan dan jelas).

5. Membaca Surat Pendek
Setelah Al-Fatihah, baca surat pendek dari Al-Qur’an. Biasanya surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, atau An-Nas. Namun, bisa juga membaca surat lain yang dihafal.

6. Ruku’
Setelah membaca surat pendek, lakukan ruku’ dengan membaca “Allahu Akbar.” Saat ruku’, punggung dan kepala harus sejajar, dan tangan diletakkan di lutut. Baca doa ruku’: “Subhana rabbiyal ‘azhim” sebanyak tiga kali atau lebih.

7. I’tidal
Setelah ruku’, bangkitlah dengan membaca “Sami’allahu liman hamidah” (Allah mendengar siapa saja yang memuji-Nya). Saat berdiri tegak, baca: “Rabbana lakal hamd.”

8. Sujud Pertama
Setelah i’tidal, sujud dengan membaca “Allahu Akbar.” Saat sujud, tujuh anggota badan harus menyentuh lantai (dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan kedua ujung kaki). Baca doa sujud: “Subhana rabbiyal a’la” sebanyak tiga kali atau lebih.

9. Duduk di Antara Dua Sujud
Bangkit dari sujud pertama dengan membaca “Allahu Akbar” dan duduk sejenak. Baca doa: “Rabbighfir li, warhamni, wajburni, warfa’ni, warzuqni, wahdini, wa’afini, wa’fu anni.”

10. Sujud Kedua
Setelah doa duduk di antara dua sujud, sujud kembali dengan membaca “Allahu Akbar” dan ulangi doa sujud: “Subhana rabbiyal a’la” sebanyak tiga kali atau lebih.

11. Tasyahud Akhir
Setelah sujud kedua, duduk tahiyat akhir dengan membac “Allahu Akbar” dan bacalah tasyahud akhir: “At-tahiyyatu lillahi was-salawatu wat-tayyibatu, assalamu ‘alaika ayyuhan-nabiyyu wa rahmatullahi wa barakatuh, assalamu ‘alaina wa ‘ala ibadillahis-salihin. Ashhadu alla ilaha illallah wa ashhadu anna Muhammadan abduhu wa rasuluh. Allahumma salli ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kama sallaita ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim. Wabarik ‘ala Muhammad wa ‘ala aali Muhammad, kama barakta ‘ala Ibrahim wa ‘ala aali Ibrahim fil ‘alamin, innaka hamidum majid.”

12. Salam
Akhiri sholat dengan mengucapkan salam sambil menoleh ke kanan dan ke kiri: “Assalamu ‘alaikum warahmatullah.”

Tips dan Anjuran

Khusyu’ dan Ikhlas: Lakukan sholat dengan penuh kekhusyukan dan keikhlasan hanya karena Allah SWT.
Waktu Pelaksanaan: Sholat witir dilakukan setelah sholat Isya sampai sebelum waktu subuh. Dianjurkan untuk melakukannya di akhir malam.
Doa Setelah Sholat: Setelah sholat witir, disunnahkan membaca doa dan dzikir seperti istighfar, shalawat, dan doa lainnya.

Dengan mengikuti tata cara di atas, diharapkan sholat witir satu rakaat yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT dan memberikan manfaat spiritual yang besar bagi pelakunya

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *